Kamis, 23 November 2017

Harga Minyak Mentah Memulai Proses Keseimbangan

Kamis, 26 Oktober 2017 14:27 WIB
Dibaca 206

Monexnews - (Dwi Aviono)

Di bulan Oktober 2017 ini, harga minyak mentah WTI bergerak di dominasi oleh penguatan semenjak 9 Oktober dari $49.12/barel hingga tertinggi saat penulisan di $52.58/barel atau sudah mengalami kenaikan sebesar 6%

Penyebab kenaikan harga minyak mentah kali ini di picu oleh beberapa sebab :

  1. Tingkat kepatuhan terhadap pembatasan produksi minyak mentah yang disepakati oleh anggota OPEC,non-OPEC telah mencapai 120% di bulan September.
  2. Indikasi kuat dari OPEC dan Non-OPEC yang akan memperpanjang komitmen pembatasan produksinya yang semula hingga bulan Maret 2018 menjadi akhir 2018. Pembicaraan penting hal ini akan dibahas dalam pertemuan OPEC tanggal 30 November 2017 di Viena, Austria.
  3. Menurunnya persediaan minyak mentah negara-negara industri OECD sebagai pengguna minyak mentah terbesar,  sebesar 178 juta barel semenjak awal tahun ini mejadi 159 juta barel lebih rendah dari rata-rata lima tahunannya.
  4. Persediaan minyak mentah komersial Amerika Serikat yang terus menurun setiap minggunya di bawah 500 juta barel yang merupakan persediaan rata-rata lima tahunan, disebabkan oleh produksi menurun karena dampak beberapa badai yang melintasi wilayah eksplorasi utama AS.
  5. Pengaruh Geopolitik di wilayah Iraq, tersendatnya pasokan dari wilayah ini disebabkan terjadinya rencana referendum wilayah kurdi yang menuntut kemerdekaan dari Iraq.
Prospek kenaikan Harga Minyak 
 
Trader Minyak Mentah dunia

Seperti berita yang di lansir oleh Bloomberg, bahwabeberapa trader minyak mentah dunia yang berpengaruh seperti Glencore Plc, Gunvore Group, Trafigura group PTE memproyeksikan harga akan menyentuh $ 60 /barel di tahun 2018 mendatang di karenakan permintaan yang akan meningkat dari negara pengimpor minyak terbesar dunia yaitu China dan India yang saat ini terus memacu pertumbuhan industrinya.

Bank Global

Seperti yang telah dirangkum oleh Wall street journal pada tanggal 3 Oktober 2017 lalu, mayoritas bank global menaikan ekspektasi harga minyak mentah di kwartal IV dari kwartal III, seperti yang terlihat pada gambar :

 

 
Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar