Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Mover: Non Farm Payroll Penentu Sentimen Tapering

Jumat, 8 November 2013 11:13 WIB
Dibaca 520

Monexnews - Peluang kemungkinan terjadinya tapering di Desember kembali menguat setelah data GDP AS kuartal ke-3 pembacaan pertama lebih bagus dari ekspektasi pasar 2,8% versus 2,0%. Apalagi diikuti dengan data klaim tunjangan pengangguran mingguan AS yang sesuai dengan perkiraan 336 ribu klaim. Hal ini membuat dollar AS menguat semalam terhadap mata uang utama dunia dan harga komoditas tertekan. Indeks saham dow jones dan regional pagi ini juga tertekan.

Semalam juga dirilis keputusan yang mengejutkan dari bank sentral Eropa (ECB) yang memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 0,25%. Hasil ini langsung menekan turun euro/dollarAS lebih dari 200 pip pasca dirilisnya data. Sebagian ekonom memproyeksikan keputusan pemangkasan suku bunga ini akan diikuti oleh penyediaan dana murah untuk perbankan oleh ECB dalam 6 bulan ke depan, seperti hasil survei Reuters. Dan ini bisa menjadi penekan nilai tukar euro terhadap mata uang lain ke depannya. ECB kelihatannya menggunakan alasan turunnya angka inflasi Oktober menjadi 0,7% jauh di bawah target ECB 2% untuk memangkas suku bunga semalam.

Pagi ini data neraca perdagangan China dirilis lebih bagus dari perkiraan. Surplus neraca perdagangan China meningkat menjadi $31,1 miliar, di atas prediksi $23 miliar dan dua kali lipat dari surplus bulan sebelumnya yang $15,2 miliar. Data yang positif dari China ini biasanya memberikan sentimen positif ke pasar. Tapi tampaknya pasar lebih mendahulukan sentimen tapering.

Sore ini beberapa penting dari zona euro dan Inggris akan menjadi market mover bagi pergerakan euro, sterling dan indeks saham Eropa yaitu data neraca perdagangan Jerman dan Inggris dan produksi industri Prancis. Data-data ini mungkin bisa menjadi penggerak harga sementara hari ini karena fokus pasar akan ke data tenaga kerja AS malam harinya.

Data Non-farm Payrolls dan tingkat pengangguran AS akan dirilis jam 20.30 WIB dengan prediksi 121 ribu dan 7,3%. Data yang lebih bagus dari prediksi bisa mengangkat kembali dollar AS terkait isu tapering di Desember. Dan pada Sabtu dinihari pukul 3.30 WIB Gubernur Ben Bernanke akan berpidato dalam acara The International Monetary Fund Annual Research Conference di Washington. Pasar akan mencari petunjuk mengenai kebijakan moneter bank sentral AS ke depannya.

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar