Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Banjir Data Ekonomi Eropa Hari Ini

Rabu, 14 Agustus 2013 10:47 WIB
Dibaca 186

Monexnews - Hari ini banyak data ekonomi penting dari kawasan Eropa yang akan dirilis. Pergerakan mata uang kawasan Eropa seperti euro, sterling dan franc Swiss terlihat melemah beberapa hari terakhir. Data-data yang akan dirilis sore ini bisa menjadi market mover bagi pergerakan mata uang tersebut.

Dari zona euro akan dirilis beberapa data GDP kuartal kedua seperti data GDP dari Perancis, Jerman dan zona euro sendiri. Ketiga data ini diproyeksikan lebih positif dari sebelumnya. Zona euro diperkirakan bangkit dari pertumbuhan negatif. Bila data yang keluar nanti lebih bagus dari proyeksi, nilai tukar euro dan franc Swiss bisa terangkat terhadap dollar AS.

Sementara dari Inggris akan dirilis data klaim tunjangan pengangguran, tingkat pengangguran serta hasil pemungutan suara pada rapat kebijakan bank sentral Inggris yang terakhir. Beberapa bulan terakhir, data klaim tunjangan pengangguran Inggris terus mengalami penurunan dan ini berarti hal yang positif dari perekonomian Inggris. Namun tingkat pengangguran masih tetap di kisaran 7,8%. Dan hasil rapat kebijakan moneter Inggris yang terakhir masih menunjukkan keengganan para pemangku kebijakan untuk keluar dari pelonggaran moneter. Sterling cenderung menguat terhadap dollar AS bila data tenaga kerjanya positif.

Dari AS, akan dirilis data indeks harga produsen (PPI). Data ini menunjukkan perubahan harga di tingkat produsen. Kenaikan harga di tingkat produsen bisa berarti kenaikan harga di tingkat konsumen yang artinya bisa menyumbang kenaikan inflasi. Kenaikan data ini biasanya cenderung positif bagi penguatan dollar AS.

Malam nanti juga akan dirilis data stok minyak mentah WTI mingguan AS dari lembaga pemerintah EIA. Kemarin dari lembaga swasta AS API, data stok minyak mentah mingguan AS turun 999 ribu barel, lebih rendah dari perkiraan 1,5 juta barel. Hal ini tentunya negatif untuk harga minyak mentah WTI.

Dan dinihari besok, Presiden Federal Reserve St. Louis James Bullard akan berpidato. Bullard dikenal sebagai pendukung program stimulus pembelian obligasi sebesar $85 milyar per bulan. Pasar akan menyimak pidatonya mengenai pandangannya terhadap pengurangan stimulus tahun ini.

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar