Rabu, 13 Desember 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Bernanke Tekankan Pengurangan Stimulus Tunggu Data Ekonomi Bagus

Jumat, 19 Juli 2013 10:49 WIB
Dibaca 283

Monexnews - Di hadapan senat AS, Bernanke menjelaskan bahwa masih terlalu pagi untuk menentukan bahwa September akan dimulai pengurangan stimulus. Semua bergantung pada perbaikan data-data ekonomi. Bernanke juga mengulangi pernyataannya beberapa hari yang lalu bahwa dengan kondisi tingkat inflasi yang di bawah target dan tingkat pengangguran yang masih cukup tinggi, Fed akan tetap mempertahankan kebijakan yang sangat akomodatif ke depannya.

Pernyataan-pernyataan Bernanke di hadapan Senat ini mengindikasikan bahwa Fed belum akan memulai proses pengurangan stimulusnya dalam waktu dekat. Dan hasil ini bisa memperlemah dollar AS.

Namun pelemahan dollar AS karena Bernanke ini mungkin bisa tidak bertahan lama bila data-data AS kembali menunjukkan hasil yang bagus. Semalam data klaim tunjangan pengangguran dan indkes aktivitas manufaktur di wilayah Philadelphia menunjukkan hasil yang lebih bagus dari prediksi pasar.

Hari ini, tidak begitu banyak data ekonomi yang akan dirilis. Jerman akan merilis data indeks harga produsen (PPI) sementara Inggris akan merilis data Public Sector net Borrowing sementara Spanyol akan merilis data indeks harga rumahnya.  Bila lebih bagus dari prediksi, tentunya akan mensupport nilai tukar mata uang masing-masing.

Malam ini akan dimulai pertemuan G20 di Moskow yang biasanya akan membahas semua masalah perekonomian global dan kali ini kemungkinan akan fokus pada masalah pertumbuhan lapangan pekerjaan. Pertemuan ini akan diselenggarakan hari Jumat dan Sabtu. Sementara pada Hari Minggu akan dimulai pemilu anggota parlemen Jepang dimana Partai LDP pimpinan PM Shinzo Abe diharapkan dapat memperoleh kursi mayoritas guna mendukung progam reformasi ekonomi Abe. Bila hasilnya sesuai harapan, bisa memberi support bagi Nikkei dan pelemahan yen ke depannya.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar