Sabtu, 25 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Bersiap Untuk Non Farm Payrolls Malam Ini

Jumat, 2 Agustus 2013 10:54 WIB
Dibaca 264

Monexnews - Bank sentral Inggris dan Eropa ternyata tetap mendukung pelonggaran moneter. Pengulangan pernyataan Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa, yang mengatakan bahwa suku bunga rendah akan bertahan untuk waktu yang lebih panjang membuat nilai tukar euro tertekan terhadap dollar AS.

Tapi hasil dari rapat tiga bank sentral pekan ini membuat pasar keuangan terutama pada instrumen-instrumen beresiko kembali bergairah. Indeks saham dan komoditas berhasil terkerek naik. Data-data ekonomi yang membaik di Eropa, AS dan China yang tergambarkan pada data PMI manufaktur juga mendukung sentimen tersebut.

Lain halnya dengan emas yang dikategorikan aset safe haven. Instrumen ini mengalami tekanan akibat penguatan dollar AS dan peralihan pelaku pasar ke instrumen  beresiko.

Hari ini fokus pasar ke data-data tenaga kerja AS yaitu Non-farm Payrolls (NFP) dan tingkat pengangguran. Bila mengikuti hasil survei NFP dari ADP, hasil NFP hitungan pemerintah ini bisa berujung lebih bagus dari ekspektasi pasar yang mengharapkan terjadi penambahan 180 ribu. Dan ini bisa berimbas positif bagi dollar AS dan instrumen beresiko. Tingkat pengangguran AS diproyeksikan bagus yakni diharapkan mengalami penurunan menjadi 7,5% dari sebelumnya 7,6%.

Sebelum itu, data-data ekonomi dari kawasan Eropa juga bisa menjadi market movers seperti data tingkat pengangguran Spanyol dan data Construction PMI Inggris yang semuanya diprediksi lebih bagus dari sebelumnya. Ini bisa memberikan sentimen positif bagi mata uang euro, sterling dan indeks saham Eropa.

Sementara pagi ini, data inflasi indeks harga produsen (PPI) Australia yang di bawah perkiraan pasar, 0,1% versus 0,6%, membuat dollar Australia kembali tertekan dan menembus ke bawah level 0.9 nya terhadap dollar AS. Aussie sudah mendapatkan tekanan turun dari pernyataan dovish Gubernur Bank Sentral Australia, Selasa lalu, yang masih membuka peluang pemangkasan suku bunga di Australia.

 

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar