Jumat, 20 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Data AS yang Lebih Bagus dari Ekspektasi Kuatkan Dollar AS

Jumat, 1 Mei 2015 10:41 WIB
Dibaca 141

Monexnews - Indeks dollar AS masih bergerak sideways di kisaran 94 tapi penurunannya tertahan karena data Klaim Tunjangan Pengangguran AS dirilis lebih bagus dari ekspektasi. Data dirilis 262 ribu klaim, di bawah konsensus 297 ribu klaim. Angka klaim ini adalah yang terendah sejak tahun 2000.

Penguatan dollar AS ini turut menekan harga emas yang melemah sekitar 2% ke level $1177 per troy ons. Namun penguatan dollar AS ini tidak berpengaruh ke pasangan mata uang EURUSD dan harga minyak mentah. Kedua instrumen ini justru menguat. EURUSD mendapatkan sentimen positif dari membaiknya data CPI (Indeks Harga Konsumen) Zona Euro. Sementara harga minyak mendapatkan dorongan dari berita yang menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah di Cushing Oklahoma AS, yang merupakan depot penyimpanan minyak mentah, menurun untuk pertama kali sejak November tahun lalu.

Pagi ini dua indeks saham berjangka Asia, Hang Seng dan Kospi, ditutup memperingati hari buruh. Sementara indeks saham berjangka Nikkei dibuka. Nikkei mendapatkan market mover pagi ini dari data CPI y/y Jepang bulan Maret yang naik untuk pertama kali dalam hampir setahun. CPI y/y menunjukkan kenaikan 0,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu tapi angka ini masih jauh dari target 2%.

Pagi ini juga telah dirilis data PMI Manufaktur China bulan April versi pemerintah yang masih menunjukkan aktivitas manufaktur China masih berekspansi. Data ini mungkin bisa memberikan sentimen positif ke instrumen yang berkaitan dengan China hari ini seperti dollar Australia, dollar New Zealand, dollar Kanada, harga emas, dan harga minyak.

Sore hari, Beberapa pasar keuangan Eropa akan tutup hari ini memperingati hari buruh seperti Jerman, Perancis, Swiss dan Italia. Namun pasar keuangan Inggris akan beroperasi seperti biasa. Inggris akan merilis data PMI Manufaktur bulan April yang diekspektasikan sebesar 54,6, yang artinya aktivitas manufaktur Inggris masih bertumbuh.

Amerika Serikat juga akan merilis data PMI Manufaktur bulan April yang juga diperkirakan masih bertumbuh. Data ini akan berdampak besar pada pergerakan dollar AS. Kekuatan nilai tukar dollar AS masih akan dipengaruhi oleh data-data ekonomi AS yang bisa mempengaruhi ekspektasi kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar