Sabtu, 25 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Data Ekonomi China Tekan Harga Emas

Rabu, 15 April 2015 10:45 WIB
Dibaca 107

Monexnews - Indeks dollar AS melemah ke kisaran 98, pasca dirilisnya data Penjualan Ritel dan PPI AS yang di bawah ekspektasi pasar. Revisi outlook pertumbuhan GDP AS untuk tahun 2015 dari 3,6% menjadi 3,1% juga mendorong pelemahan indeks dollar AS.

Pagi ini telah dirilis data ekonomi penting China yaitu data GDP kuartal pertama dan data produksi industri bulan Maret. Kedua data ini mengindikasikan ekonomi China sedang menuju pelambatan. GDP kuartal I dirilis 7% di bawah data kuartal sebelumnya namun sesuai dengan ekspektasi pasar. Sementara data Produksi Industri dirilis 5,6%, di bawah proyeksi dan data bulan sebelumnya. Hasil data ekonomi China ini sempat memberikan tekanan turun pada harga beberapa instrumen yang berhubungan dengan China seperti emas, perak, indeks Hang Seng berjangka, dollar Australia dan dollar Selandia Baru.

Data China ini juga bisa menahan penguatan harga minyak karena asumsi penurunan permintaan. Harga minyak mentah WTI bergerak naik ke kisaran $53 per barel seiring dengan munculnya berita bahwa produksi minyak mentah AS berpotensi turun di bulan Mei dan seruan menteri perminyakan Iran untuk mengurangi produksi sebesar 5% pada pertemuan OPEC di bulan Juni.

Malam ini beberapa market mover penting akan menjadi perhatian pasar di antaranya hasil rapat moneter Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Sentral Kanada (BoC), data indeks manufaktur kawasan New York bulan April dan produksi industri AS bulan Maret, data indeks pasar perumahan AS, dan data inventori minyak mentah AS.

Kemungkinan tidak ada kejutan dari hasil rapat kedua bank sentral, namun pasar tetap mewaspadai sesi tanya jawab yang dilakukan pada konferensi pers pasca rilisan hasil rapat. Sementara kekuatan dollar AS masih rentan dengan data ekonomi AS yang buruk dan harga minyak bisa tertekan turun bila stok minyak mentah kembali meninggi.

Dari bursa saham AS, laporan penghasilan dari beberapa perusahaan besar akan dirilis. Bank of America, US Bancorp dan The Charles Schwab Corporation akan merilis laporan sebelum pasar saham AS dibuka. Dan SanDisk akan melaporkannya setelah pasar saham AS ditutup.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar