Minggu, 22 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Data Inflasi Penentu Kebijakan Moneter

Selasa, 17 Desember 2013 10:55 WIB
Dibaca 228

Monexnews - Data-data PMI manufaktur yang dirilis menjadi penggerak harga instrumen keuangan kemarin. Namun pergerakan terlihat terbatas karena pelaku pasar masih menunggu keputusan bank sentral AS terkait tapering pada hari Kamis dinihari nanti (19 Des).

Hari ini market movers akan condong ke data-data inflasi yang akan dirilis oleh zona euro, Inggris, dan AS. Data inflasi (indeks harga konsumen- CPI) biasanya dijadikan pertimbangan oleh bank sentral apakah akan mengetatkan atau melonggarkan kebijakan moneter. Inflasi yang tinggi biasanya bank sentral akan bersiap melakukan pengetatan moneter dan sebaliknya. Data tingkat inflasi AS year on year akan menjadi fokus pasar terkait tapering karena mungkin bank sentral akan menggunakan ini sebagai bahan pertimbangan pada rapat Kamis nanti. Fed mengharapkan inflasi mendekati target 2% agar bisa melakukan pengetatan moneter. Data inflasi AS saat ini masih stabil di dekat angka 1%.

Data lain yang bisa menjadi market mover adalah data sentimen ekonomi Jerman yang disurvei oleh ZEW. Data ini akan berpengaruh bagi nilai tukar euro dan indeks saham Jerman, DAX. Jerman adalah negara dengan perekonomian terbesar di Eropa. Jadi perkembangan ekonomi Jerman akan berpengaruh pada nilai tukar euro.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar