Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Data Manufaktur Rontokan Bursa Saham

Selasa, 4 Februari 2014 11:24 WIB
Dibaca 149

Monexnews - Data survei ISM terhadap aktivitas manufaktur di AS merontokan indeks dollar AS semalam. Data ini dirilis jauh lebih buruk dari prediksi pasar 51.3 versus 56.2. Selain membuat dollar AS melemah terhadap mata uang utama dunia, data ini juga merontokan indeks saham AS.  Dan rontoknya indeks saham AS membuat yen menguat terhadap dollar dan indeks saham regional Asia pagi ini berguguran.

Jauhnya hasil survei aktivitas manufaktur dibandingkan hasil survei bulan sebelumnya, 57.0, ditenggarai akibat musim dingin yang ekstrem di AS sehingga mengurangi permintaan dan menghambat aktivitas produksi. Harga minyak mentah juga melemah terkait turunnya data ini. Hasil 51.3 sebenarnya masih menunjukkan pertumbuhan karena angka berada di atas 50. Namun besaran pertumbuhannya jauh di bawah bulan sebelumnya.

Pagi ini Bank Sentral Australia (RBA) merilis keputusan rapat moneter yang menahan suku bunga acuan tetap di 2,5%. RBA juga mengindikasikan suku bunga tidak akan berubah untuk sementara waktu. Hal ini mendorong penguatan dollar Australia terhadap dollar AS dan yen Jepang.

Sore nanti, Inggris akan merilis indeks harga rumah dan survei aktivitas konstruksi. Hasil yang positif mungkin bisa menahan pelemahan poundsterling terhadap dollar AS saat ini (GBPUSD). Sementara dari zona euro akan dirilis data perubahan jumlah pengangguran di Spanyol. Angka yang semakin negatif menunjukan penurunan jumlah pengangguran dan ini positif bagi ekonomi Spanyol. Nilai tukar euro mungkin bisa terpengaruh oleh data ini.

Dari AS akan dirilis data Order Pabrik. Data ini juga merefleksikan aktivitas manufaktur dan permintaan barang. Bila data ini lebih rendah dari prediksi, mungkin bisa menekan dollar AS lagi.

Dan laporan penghasilan (earnings) perusahaan AS yang akan dirilis malam nanti di antaranya: Baidu, CME Group dan UBS. Selengkapnya bisa dibaca di http://www.monexnews.com/calendar/earnings.htm

 
 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar