Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Data NFP AS Dorong Pelemahan Dollar Hari Ini

Senin, 10 November 2014 10:38 WIB
Dibaca 273

Monexnews -Rilisan data tenaga kerja AS Jumat malam lalu (7/11) menjadi anti klimaks bagi penguatan indeks dollar AS yang sudah mengalami reli sejak 12 hari terakhir (21/10). Penguatan indeks dollar terhenti karena hasil rangkaian data tenaga kerja AS sebagian besar di bawah perkiraan pasar. Data Non-Farm Payrolls dan data Average Hourly Earnings untuk Bulan Oktober dirilis masing-masing 214 ribu pekerja dan 0,1%, di bawah perkiraan analis 235 ribu dan 0,2%. Yang positif adalah data Tingkat Pengangguran AS Bulan Oktober yang mencapai level terendah dalam 6 tahun, 5,8%.

Hasil data tenaga kerja ini sangat berpengaruh ke pergerakan pasar keuangan global. Perubahan arah yang singkat pun terjadi. Mata uang utama dunia berbalik menguat terhadap dollar AS. Harga emas dan perak pun menguat tajam, harga minyak mentah WTI juga naik.

Sementara Sabtu kemarin (8/10) telah dirilis data Neraca Perdagangan China Bulan Oktober yang hasilnya bagus, di atas perkiraan pasar, 45,4 miliar dollar vs 41,6 miliar dollar. Data China ini bisa memberikan sentimen positif ke perdagangan saham Asia pagi ini. China juga merilis data Indeks Harga Produsen dan Konsumen (PPI dan CPI) Bulan Oktober yang hasilnya tidak memuaskan. Indeks harga produsen mengalami penurunan, sementara indeks harga konsumen tetap.

Market mover penting lainnya yang akan dirilis hari ini adalah data Housing Starts Kanada Bulan Oktober. Data ini menunjukkan rumah-rumah yang baru dimulai pembangunannya bulan lalu. Proyeksi analis menunjukkan kemungkinan 200 ribu rumah yang baru dibangun bulan lalu. Proyeksi ini tidak jauh berbeda dengan data bulan sebelumnya yang menunjukkan sebanyak 197 ribu rumah yang baru dibangun. Data ini bisa mempengaruhi USDCAD bila hasilnya jauh di atas atau di bawah perkiraan. USDCAD hingga saat ini masih mendapatkan market mover dari data tenaga kerja Kanada yang dirilis Jumat malam bersamaan dengan data NFP AS yang sangat bagus. Dollar Kanada menguat 0,81% terhadap dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar