Sabtu, 21 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar AS Kembali Menguat Karena Data Klaim

Jumat, 10 Oktober 2014 10:17 WIB
Dibaca 287

Monexnews - Indeks dollar AS kembali menguat seiring dengan bagusnya data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan AS yang dirilis semalam. Klaim Tunjangan Pengangguran AS mencapai angka 287.000 klaim pekan lalu, mendekati level terendah sejak sebelum tahun 2007. Indeks dollar AS menguat ke kisaran 85.67dari level terendah 84.94 semalam dan kini berada di kisaran 85.47. Penguatan dollar AS ini mendorong harga komoditi kembali melemah seperti minyak mentah dan emas.

Sementara indeks saham global mendapatkan sentimen negatif dari isu pelambatan ekonomi global yang terlihat dari penurunan proyeksi IMF terhadap pertumbuhan ekonomi global. Pidato Mario Draghi, Presiden ECB, semalam turut memberikan tekanan pada indeks saham terutama Eropa karena menekankan adanya pelambatan ekonomi di Zona Euro. Indeks saham berjangka Asia dibuka turun pagi ini.

Pagi ini telah dirilis minutes dari rapat moneter Bank Sentral Jepang tanggal 3-4 September. Dalam minutes diungkapkan bahwa ekspor Jepang mengalami pelemahan. Hasil minutes ini sempat menekan USDJPY.

Australia juga telah merilis data Pinjaman Rumah Bulan Agustus yang hasilnya mengalami penurunan 0,9% dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil ini berpeluang memberikan sentimen negatif bagi pergerakan AUD sepanjang hari ini.

Sore ini, pada awal sesi pasar Eropa akan dirilis beberapa data ekonomi di antaranya data Produksi Industri Perancis dan data Neraca Perdagangan Inggris. Data Produksi Industri Perancis Bulan Agustus diperkirakan mengalami penurunan 0,2% yang berpeluang memberikan tekanan bagi nilai tukar euro, sementara data Neraca Perdagangan Inggris Bulan Agustus diperkirakan defisit 9,6 miliar pounds.

Malam ini, data ekonomi penting datang dari Kanada, data Perubahan Jumlah Orang Yang Dipekerjakan dan data Tingkat Pengangguran untuk Bulan September. Data ini diperkirakan positif dimana Jumlah Orang Yang Dipekerjakan naik sebesar 19.700 dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil yang positif bisa membantu penguatan dollar Kanada. Namun perlu diperhatikan bahwa dollar Kanada juga tertekan akibat penurunan harga minyak mentah belakangan ini.

Presiden Bank Sentral AS cabang Philadelphia yang juga anggota FOMC tahun ini, Charles Plosser, akan berbicara di depan para editor bisnis di New York dengan tema kebijakan moneter dan komunikasi. Karena Plosser salah seorang pengambil keputusan moneter Fed tahun ini, pernyataannya akan diperhatikan pasar.

IMF akan memulai rapat tahunan bersama World Bank dan menteri keuangan G20. Berbagai isu ekonomi dan keuangan global akan dibahas di dalam rapat ini dan mungkin saja pernyataan yang keluar dari para pejabat bisa menggerakan pasar.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar