Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar AS Masih Konsolidasi Jelang FOMC

Selasa, 16 September 2014 10:28 WIB
Dibaca 241

Monexnews - Indeks dollar AS masih dalam mode konsolidasi menjelang peristiwa penting, hasil rapat moneter FOMC Bank Sentral AS (Fed) pada hari Kamis dinihari. Data Produksi Industri AS Bulan Agustus yang dirilis semalam mengalami penurunan 0,1% di banding bulan sebelumnya. Hasil ini di bawah prediksi pasar dan sempat memberikan sentimen negatif ke dollar AS.

Pagi ini telah dirilis minutes atau notulen rapat moneter Bank Sentral Australia (RBA). Notulen ini mengungkapkan keengganan RBA untuk memangkas suku bunga acuan lagi. Namun notulen ini tidak terlalu berdampak pada pergerakan nilai tukar dollar Australia pagi ini. Mungkin pasar masih mewaspadai hasil rapat moneter Fed pekan ini.

Indeks saham Asia juga terlihat masih berkonsolidasi. Sementara indeks saham Hang Seng masih ditutup pagi ini menunggu perkembangan angin Typhoon hingga pukul 11.00 WIB. Bila sudah mereda bisa dibuka kembali.

Siang ini, Gubernur Bank Sentral Jepang (BoJ), Haruhiko Kuroda akan berpidato di hadapan para pemimpin bisnis di Osaka, Jepang. Kemungkinan tidak ada pengaruh signifikan dari pidato Kuroda ini, kecuali Kuroda secara gamblang menjelaskan rencana stimulus berikutnya.

Sore hari ini, Inggris dan Zona Euro akan merilis beberapa data ekonomi penting. Inggris akan merilis data CPI bulan Agustus yang diprediksi 1,5% di bawah data CPI bulan sebelumnya 1,6%. Data CPI ini cukup berpengaruh bagi pergerakan instrumen keuangan karena berhubungan dengan kebijakan moneter bank sentral. Poundsterling bisa melemah lagi bila data di bawah perkiraan karena asumsi bank sentral tidak akan segera menaikan suku bunga acuannya. Sementara Zona Euro akan merilis data Survei Sentimen Ekonomi Jerman dan Zona Euro sendiri untuk Bulan September. Pasar berekspektasi hasil survei ini lebih buruk dari data bulan sebelumnya dan ini bisa menjadi faktor penekan nilai tukar euro.

Malam hari, AS akan merilis data PPI untuk Bulan Agustus yang diperkirakan mengalami kenaikan 0,1% dibandingkan bulan sebelumnya. Data ini bisa saja melemahkan dollar AS bila hasilnya di bawah perkiraan pasar, apalagi kalau di bawah 0%. Untuk dollar Kanada, pasar akan memperhatikan pidato Gubernur Bank Sentral Kanada Stephen Poloz.  

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar