Senin, 20 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar AS Masih Menguat Karena Data Ekonominya Bagus

Kamis, 23 Oktober 2014 10:03 WIB
Dibaca 286

Monexnews -Indeks Dollar AS kembali menguat. Kemarin indeks dollar AS ditutup di atas level penutupan hari sebelumnya, 85.74 vs 85.39. Penguatan dollar AS terbantu oleh data CPI (Indeks Harga Konsumen) AS yang dirilis lebih bagus dari perkiraan pasar, 0,1% vs 0,0%. Selain itu, kekhawatiran baru soal banyaknya perbankan Eropa yang tidak lulus stress test juga membantu penguatan dollar AS. Penguatan dollar AS mendorong turun harga-harga komoditi.

Pagi ini telah dirilis data PMI Manufaktur dari HSBC yang hasilnya sedikit di atas perkiraan pasar, 50,4 vs 50,3. Hasil ini memberikan sentimen positif ke pasar saham Asia. Sementara New Zealand telah merilis data CPI kuartal ke-3 yang hasilnya di bawah prediksi pasar, 0,3% vs 0,5% sehingga menekan turun nilai tukar dollar New Zealand.

Sore ini market mover besar akan datang dari kawasan Zona Euro dimana data PMI aktivitas manufaktur dan sektor jasa dari Jerman, Perancis dan Zona Euro sendiri akan dirilis. Data-data ini akan mengonfirmasi kondisi kesehatan ekonomi Zona Euro. Rata-rata data diperkirakan di bawah pengukuran bulan sebelumnya. Hasil yang di bawah prediksi bisa kembali mendorong pelemahan nilai tukar euro dan membantu penguatan dollar AS.

Sementara dari Inggris akan dirilis data Penjualan Ritel. Data ini juga akan memberikan indikasi kesehatan ekonomi Inggris. Bila data dirilis di bawah prediksi -0,1%, poundsterling akan tertekan turun. Penurunan penjualan ritel bisa merambat ke penurunan tingkat inflasi yang bisa membuat Bank Sentral Inggris (BoE) enggan menaikan tingkat suku bunga acuan. Di samping data ini, pasar juga akan memperhatikan pernyataan yang akan disampaikan Deputi Gubernur BoE, Ben Broadbent, mengenai kondisi ekonomi Inggris.

Malam hari, AS akan merilis data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan dan data PMI Manufaktur dari Markit. Kedua data ini diproyeksikan tidak jauh dari hasil sebelumnya. Pasar yang masih fokus pada data ekonomi ini akan menggunakan data ini sebagai pertimbangan transaksi dollar AS.

Dari Kanada, Gubernur Bank Sentral Kanada, Stephen Poloz, akan memberikan testimoni di hadapan parlemen. Testimoni Poloz ini penting untuk pergerakan nilai tukar dollar Kanada.

Dari Bursa Saham AS, cukup banyak perusahaan yang akan melaporkan penghasilannya, di antaranya: 3M. Caterpillar, Credit Suisse, Comcast, Nokia (Sebelum pasar saham AS dibuka), dan Amazon, Microsoft (Setelah pasar saham AS ditutup).

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar