Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers : Dollar AS Masih Tangguh Pasca Non-Farm

Senin, 8 Desember 2014 11:37 WIB
Dibaca 253

Monexnews - Indeks Dollar AS masih berkutat dekat level tinggi 5 tahun setelah data non-farm payroll AS menegaskan berlanjutnya perbaikan sektor tenaga kerja dan tangguhnya pemulihan ekonomi Paman Sam. Namun, ini juga menegaskan eskpektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve pada pertengahan tahun 2015. Non-farm payroll AS bertambah sebanyak 321.000 di November; laju kenaikan tertinggi sejak Januari 2012.

Optimisme terhadap perekonomian AS turut memberikan sentimen postif terhadap bursa saham Asia. Namun, rincian data neraca perdagangan Cina yang dirilis pagi ini sinyalkan berlanjutnya perlambatan ekonomi Cina sehingga turut menggerogoti sentimen.  Meski surplus perdagangan Cina naik menjadi $54,47 miliar di November; namun ekspor melambat dengan hanya mencatatkan kenaikan 4,7% sedangkan impor turun 6,7% di November.

Nikkei terpantau menguat 0,08%; masih ditopang oleh pelemahan yen. Kospi turun 0,33% seiring merebaknya kekhawatiran terhadap eksportir Korea Selatan. Hang Seng naik 0,36% setelah buruknya data ekspor Cina membuat investor lebih yakin bahwa Beijing akan memberikan tambahan stimulus.

Fokus hari ini masih tertuju kepada Dollar AS yang mungkin masih akan dapat mempertahankan kinerjanya. Serangkaian data dari zona-euro dan Kanada dapat menegaskan kontrasnya outlook perekonomian AS dengan negara lain.

Data produksi industri Jerman (jam 14.00 WIB) dan kepercayaan investor zona-euro (jam 16.30 WIB) akan dinantikan investor. Jika data menegaskan rapuhnya pemulihan ekonomi di zona-euro maka ini dapat memberikan sentimen negatif untuk EURUSD. Investor juga akan bersikap waspada seiring dimulainya pertemuan 2 hari menteri keuangan zona-euro yang akan membahas perkembangan kondisi ekonomi kawasan.

Data inflasi dan penjualan ritel Swiss (pada jam 15.15 WIB) juga akan mendapatkan perhatian. Inflasi diprediksi masih rendah namun penjualan ritel diperkirakan meningkat dan ini mungkin dapat memberikan sentimen positif untuk Franc Swiss.

Data ekonomi Eropa yang dirilis nanti sore cukup mixed. Namun, rincian data neraca perdagangan Cina yang sinyalkan berlanjutnya perlambatan ekonomi Cina dapat menggerogoti sentimen investor eropa. Ini mungkin akan membuat investor waspada mendorong pergerakan bursa Jerman, Perancis, dan Inggris, Minimnya data ekonomi AS yang dirilis nanti malam mungkin akan membuat Wall Street mencermati pergerakan bursa Asia dan Eropa sebagai katalis perdagangan.

Di lain pihak, Dollar Kanada menantikan data pembangunan rumah (jam 20.15 WIB) dan izin pembangunan Kanada (jam 20.30 WIB). Meski jumlah pembangunan rumah diprediksi meningkat namun izin pembangunan diprediksi bertambah. Ini mungkin akan membuat investor waspada menentukan arah pergerakan USD/CAD.

Harga minyak dan emas masih akan memperhatikan pergerakan Dollar AS. Jika dollar melanjutkan penguatan maka ini dapat mendorong keberlanjutan penurunan harga minyak dan emas.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar