Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar AS Melemah Terkait Isu Kenaikan Suku Bunga

Senin, 16 Februari 2015 10:00 WIB
Dibaca 352

Monexnews - Di akhir pekan lalu muncul selentingan rumor bahwa Bank Sentral AS mungkin akan menahan tingkat suku bunga acuannya hingga September 2015. Rumor ini memberikan sentimen negatif ke dollar AS dan sebaliknya memberikan sentimen positif ke indeks saham AS.

Pagi ini beberapa market mover penting sudah dirilis seperti data Penjualan Ritel kuartal ke-4 dari Selandia Baru dan data GDP kuartal ke-4 Jepang. Data Penjualan Ritel menunjukkan kenaikan 1,7% dibandingkan kuartal sebelumnya, sementara data GDP menunjukkan kenaikan pertumbuhan 0,6% dibandingkan kuartal sebelumnya. Kedua data ini memberikan sentimen positif untuk masing-masing nilai tukar.

Sore hari nanti, pasar masih menantikan perkembangan negosiasi antara Yunani dengan partnernya dari zona euro perihal perpanjangan bailout. Yunani hingga sekarang masih mempertahankan posisinya untuk menolak bailout. Sementara pasar mengkhawatirkan bila Yunani tidak mendapatkan sumber pendanaan yang baru, negara ini akan kesulitan mengelola hutang-hutangnya dan akan menjadi masalah baru ke pasar keuangan global. Yunani akan menghadapi batas akhir bailout di tanggal 28 Februari.

Hari ini perbankan AS libur memperingati hari Presiden. Bursa saham New York pun ditutup.

Harga minyak mentah WTI ditutup menguat pekan lalu dan berhasil kembali menyentuh kisaran $53 per barel. Laporan mengenai penurunan jumlah rig yang beroperasi pekan lalu dan pemangkasan anggaran operasi beberapa perusahaan minyak besar mengangkat harga minyak. Baker Hugher Inc. melaporkan data bahwa jumlah rig yang tutup pekan lalu di AS berjumlah 84 rig sehingga jumlah rig yang beroperasi sebanyak 1056 rig. Ini yang terendah sejak Agustus 2011. Sementara Total dikabarkan berencana memangkas biaya operasi sebanyak 1,2 milyar dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar