Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar AS Menguat Lagi, Isu Pelambatan Ekonomi Masih Bayangi Pasar

Rabu, 15 Oktober 2014 10:27 WIB
Dibaca 410

Monexnews - Indeks dollar AS kembali menguat karena data fundamental menekan nilai tukar poundsterling dan euro kemarin. Data CPI Inggris dan survei Sentimen Ekonomi Jerman dirilis di bawah perkiraan pasar yang langsung menekan turun nilai tukar poundsterling dan euro.

Pasar keuangan kini diliputi oleh dua isu besar yaitu pelambatan ekonomi global dan potensi kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS. Pelambatan ekonomi global membuat aset-aset beresiko tertekan seperti saham dan komoditas turun sementara potensi kenaikan suku bunga acuan AS menahan dollar AS di level tinggi.

Pagi ini dua peristiwa di Asia menggambarkan adanya pelambatan ekonomi. Data CPI China bulan Agustus yang dirilis di bawah data bulan sebelumnya, 1,6% vs 2,0%, bisa memberikan indikasi adanya pelambatan ekonomi di China. Bank Sentral Korea Selatan yang memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 2% juga mengindikasikan pelambatan ekonomi sedang membayangi perekonomian Korea Selatan.

Sore ini pada pembukaan pasar Eropa, data tenaga kerja Inggris akan menjadi market mover. Pasar akan fokus pada data klaim tunjangan pengangguran dan data indeks rata-rata pendapatan. Jumlah klaim yang menurun menggambarkan pasar tenaga kerja yang sehat, sementara indeks rata-rata pendapatan yang meninggi bisa menopang inflasi. Dan kedua hal tersebut bisa menopang penguatan poundsterling.

Malam hari, AS akan merilis beberapa data ekonomi penting seperti data indeks harga produsen (PPI), data Penjualan Ritel dan Indeks Manufaktur wilayah New York. Ketiganya akan menggambarkan pertumbuhan ekonomi di AS. Data yang positif bisa mendukung ekspektasi kenaikan suku bunga acuan Fed.

Hari ini cukup banyak laporan penghasilan yang akan dirilis dari bursa saham AS. Bank of America dan Bank of New York Mellon akan merilis laporannya sebelum pasar saham AS dibuka. Sementara American Express, Ebay dan Sandisk akan merilis laporannya sesudah pasar saham AS ditutup.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar