Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar AS on Fire!

Jumat, 27 Februari 2015 10:36 WIB
Dibaca 326

Monexnews -Dollar AS menguat lagi. Indeks dollar tercatat menguat ke kisaran 95.36 semalam. Sebelumnya indeks bergerak di kisaran 93-94. Optimisme dari James Bullard, Kepala Bank Sentral AS cabang St. Louis bahwa suku bunga acuan mungkin akan dinaikan pada musim panas tahun ini (Juni-September) menjadi salah satu faktor pendorong penguatan dollar AS. Data Durable Goods Orders dan Indeks Harga Konsumen Inti yang dirilis lebih bagus dari prediksi juga membantu penguatan dollar tersebut. Harga-harga komoditi yang berdenominasi dollar pun tertekan turun.

Namun hal tersebut tidak serta merta menekan turun indeks saham AS dan Eropa semalam karena pasar mengantisipasi data-data ekonomi dari kawasan Eropa dan AS yang positif. Indeks saham AS ditutup beragam, Dow Jones dan S&P500 melemah tipis sementara Nasdaq menguat.

Pagi ini indeks saham berjangka Asia bergerak dalam tekanan. Ekspektasi kenaikan suku bunga AS akan datang lebih cepat mungkin menjadi penekan pergerakan indeks saham tersebut. Data-data ekonomi Jepang yang kurang impresif yang dirilis pagi ini juga memberi tekanan pada indeks Nikkei. Belanja rumah tangga dan penjualan ritel bulan Januari mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya, masing-masing 5,1% dan 2,0%.

Sore ini, pada jam pasar Eropa akan dirilis data Indeks Harga Konsumen Jerman dan Spanyol, data Belanja Konsumen Prancis dan Indeks Barometer Ekonomi Swiss. Bila data-data dari Eropa ini lebih bagus dari prediksi, mungkin bisa menahan pelemahan nilai tukar mata uang Eropa terhadap dollar AS.

Sementara malam hari pada jam pasar AS akan dirilis data GDP AS kuartal ke-4 pengukuran kedua. Data GDP diperkirakan mengalami revisi penurunan menjadi 2,1%. Namun bila hasilnya lebih bagus dari prediksi, dollar AS akan bertahan menguat. Dua petinggi Bank Sentral AS, William Dudley dan Stanley Fischer akan berpartisipasi dalam panel diskusi mengenai kebijakan moneter AS di 2015. Pasar menunggu indikasi soal kenaikan suku bunga. Dukungan dari keduanya terhadap kenaikan suku bunga bisa mendorong penguatan dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar