Minggu, 22 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar AS Yang Menguat

Jumat, 31 Januari 2014 11:14 WIB
Dibaca 165

Monexnews - Indeks dollar AS menguat kemarin dari level 80.54 ke level 81.07. Penguatan dollar ini didukung data GDP kuartal ke-4 AS yang masih terlihat solid. Penguatan indeks dollar AS ini juga didukung oleh pelemahan nilai tukar euro karena data CPI (inflasi) Jerman yang menunjukkan deflasi, -0,6%. Selain itu, survei yang mengatakan bahwa Federal Reserve AS akan secara konsisten memangkas stimulus sebesar $10 milyar dalam setiap rapat FOMC juga menjadi faktor penguat dollar AS.

Sementara kekhawatiran terhadap emerging markets sudah mereda sehingga sentimen risk appetite atau minat terhadap resiko mulai kembali masuk ke pasar keuangan. Harga emas tertekan dalam kemarin karena masuknya sentimen ini. Harga emas turun sekitar $30 dari level $1267 ke area $1237.

Pagi ini data inflasi Jepang menjadi kabar yang menggembirakan bagi perekonomian Jepang. Indeks harga konsumen inti (di luar harga makanan dan energi) Jepang di Bulan Desember naik 1,3% dibandingkan setahun sebelumnya. Angka ini merupakan kenaikan tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Namun reaksi yang berbeda diperlihatkan oleh Nikkei yang melemah dan yen yang menguat.

Dari Australia juga telah dirilis data indeks harga produsen (PPI) yang lebih rendah dari perkiraan, 0,2% vs 0,7%. Data ini bisa menjadi penekan turun nilai tukar Aussie hari ini.

Data penting lainnya yang akan dirilis datang dari kawasan Eropa. Data penjualan ritel Jerman, CPI (inflasi) zona euro, dan tingkat pengangguran zona euro akan menjadi fokus untuk menimbang kekuatan nilai tukar euro. Sementara data Core PCE Price Index, Chicago PMI dan survei Sentimen Konsumen akan menjadi fokus data dari AS malam ini.

Laporan penghasilan (earnings) perusahaan AS yang akan dirilis malam ini adalah Chevron dan Mastercard. Selengkapnya bisa dibaca di http://www.monexnews.com/calendar/earnings.htm

 

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar