Minggu, 19 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar Dapat Tekanan Tambahan Dari Buruknya Data AS

Kamis, 3 Oktober 2013 10:57 WIB
Dibaca 296

Monexnews - Indeks Dollar AS menembus ke bawah level 80 untuk kali pertama sejak Februari 2013. Pelemahan dollar ini selain dipicu oleh perdebatan debt ceiling yang belum berakhir dan menimbulkan shutdown, juga dipicu oleh data tenaga kerja AS yang disurvei ADP yang lebih buruk dari ekspektasi pasar, 166 ribu vs 180 ribu.

Tambahan dari pelemahan indeks dollar AS ini adalah pernyataan Mario Draghi (Presiden Bank Sentral Eropa -ECB) yang memiliki pandangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi Eropa dan pendapat pejabat Fed Eric Rosengren yang menilai bahwa masalah fiskal AS dan data ekonomi AS yang masih melambat yang membuat Fed mengambil keputusan No tapering pada rapat kebijakan moneter September lalu.

Pagi ini data PMI non-manufaktur China dirilis lebih bagus dari data sebelumnya, 55,4 vs 53,9. Data ini sempat memberikan sentimen positif pada indeks saham Hang Seng dan AUDUSD.

Sore hari data PMI sektor jasa dari Spanyol, Italia dan Inggris serta data penjualan ritel zona euro bisa menjadi market mover bagi nilai tukar mata uang kawasan Eropa seperti euro, sterling dan Swiss franc. Beberapa hari ini dollar mengalami pelemahan terhadap mata uang kawasan Eropa dengan perbandingan data ekonomi Eropa yang lebih bagus dari situasi yang kini terjadi di Amerika Serikat.

Sementara malam hari ini beberapa data dari AS bisa menjadi market movers terutama data klaim tunjangan pengangguran dan ISM non-manufaktur PMI. Klaim tunjangan pengangguran akan menjadi sorotan setelah data tenaga kerja AS semalam lebih buruk dari ekspektasi pasar. Sementara data ISM sektor jasa AS masih dalam jalur ekspansi dan diperkirakan berada di posisi 57.2.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar