Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar Menantikan Data NFP dari ADP Malam Ini

Rabu, 3 Desember 2014 10:46 WIB
Dibaca 269

Monexnews - Di tengah ketiadaan data ekonomi penting Amerika Serikat, dollar AS berhasil menguat terhadap mata uang utama dunia. Indeks dollar AS membentuk level tertinggi baru tahun ini di 88.67 kemarin. Komentar dari pejabat Bank Sentral AS - Stanley Fischer yang optimis dengan pertumbuhan ekonomi AS tadi malam memberikan sentimen positif ke dollar AS. Optimisme terhadap angka Non-Farm Payrolls (NFP) AS yang akan dirilis pekan ini juga memberikan dorongan penguatan ke dollar AS.

Pagi ini data GDP kuartal ke-3 Australia dirilis di bawah prediksi pasar, 0,3% vs 0,7%. Hasil ini langsung menekan turun nilai tukar dollar Australia. Sementara berita dari China mengenai indeks non-manufaktur yang dirilis di atas data sebelumnya, memberikan sentimen positif ke pasar saham Asia. Meredanya ketegangan karena aksi protes di Hong Kong juga menjadi sentimen positif untuk Hang Seng hari ini. Penguatan indeks berjangka Nikkei masih ditopang oleh pelemahan yen.

Dari pasar Eropa, sore ini, akan dirilis beberapa market mover penting yaitu data indeks sektor jasa Spanyol, Italia dan Inggris, serta data penjualan ritel Zona Euro. Dari Inggris juga akan dirilis outlook ekonomi Inggris oleh departemen keuangan Inggris. Rangkaian market mover ini akan menjadi penggerak nilai tukar euro, poundsterling dan indeks saham berjangka Eropa.

Malam ini, dari pasar AS, akan dirilis data tenaga kerja Non-Farm Payrolls yang disurvei oleh pihak swasta ADP. Proyeksi data ini masih menunjukkan optimisme para analis mengenai kondisi tenaga kerja di AS. Data diproyeksikan di atas 200 ribu pekerja di kisaran 223 ribu pekerja. Data NFP dari ADP ini biasanya dijadikan petunjuk pasar untuk memprediksi data NFP versi pemerintah yang akan dirilis Jumat ini.

Dari AS juga akan dirilis data penting yang menunjukkan perkembangan aktivitas sektor jasa AS. Data ini diproyeksikan 57,5 di atas data bulan sebelumnya. Proyeksi data ini terbilang bagus dan bila hasilnya sesuai atau lebih bagus dari proyeksi bisa mendorong penguatan dollar AS.

Sementara dollar Kanada akan mendapatkan market mover penting dari rilisan hasil rapat moneter Bank Sentral Kanada (BoC) yang akan dirilis malam ini. Pasar memproyeksikan tidak ada perubahan kebijakan moneter. Namun bila pernyataan bank sentral menunjukkan indikasi potensi kenaikan suku bunga, CAD bisa menguat.

Harga minyak mentah WTI akan mendapatkan market mover dari data stok minyak mentah WTI AS yang juga akan dirilis malam ini. Peningkatan stok minyak mentah bisa mendukung penurunan harga minyak mentah lagi. Harga minyak mentah WTI masih mendapatkan sentimen negatif dari keengganan OPEC untuk memangkas produksi.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar