Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar Mendapatkan Angin Segar

Senin, 4 November 2013 11:06 WIB
Dibaca 206

Monexnews - Dollar AS masih menunjukkan penguatannya. Seakan mendapatkan angin segar, data ISM Manufaktur AS yang dirilis Jumat malam pekan lalu kembali mendukung penguatan dollar dengan data lebih bagus dari prediksi, 56,4 vs 55,3. Bagusnya data ISM manufaktur ini memperbesar potensi pengurangan stimulus/tapering di Desember.

Pagi ini telah dirilis data penjualan ritel Australia. Data ini lebih bagus dari prediksi pasar 0,8% vs 0,3% sehingga mampu mendorong penguatan dollar Australia terhadap dollar AS.

Nilai tukar euro masih tertekan oleh data inflasinya yang lebih rendah dari perkiraan pasar 0,7% vs 1,1% dan tingkat penganggurannya yang masih tetap tinggi di level 12,2%. Dari data-data ini, pasar memperkirakan bank sentral Eropa akan melakukan kebijakan stimulus atau menurunkan suku bunganya kembali. Hari ini akan dirilis data PMI manufaktur untuk dua negara euro yang masih dirundung masalah hutang besar yaitu Spanyol dan Italia. Data yang lebih bagus dari prediksi bisa menahan pelemahan nilai tukar euro.

Sementara dari Inggris akan dirilis data PMI konstruksi. Data PMI ini sebenarnya masih di area ekspansi di atas 50. Tapi meskipun demikian, bila hasil lebih rendah dari prediksi, pasar akan menjadikannya alasan untuk menekan turun nilai sterling. Data konstruksi PMI diprediksi 58,9.

Dan dari AS akan dirilis data pesanan pabrik. Dimana diperkirakan ada kenaikan 1,9% lebih tinggi dari kenaikan bulan sebelumnya 1,2%. Bagusnya data ini bisa memberikan alasan lagi bagi pelaku pasar untuk mendorong penguatan dollar AS.

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar