Sabtu, 25 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar Menguat Kembali Pasca NFP

Selasa, 14 Januari 2014 12:08 WIB
Dibaca 243

Monexnews - Indeks dollar AS mulai pulih pasca buruknya data Non Farm Payrolls (NFP) AS yang dirilis jauh di bawah ekspektasi pasar. Pernyataan salah satu petinggi Bank Sentral AS, Dennis Lockhart yang mendukung kebijakan tapering lanjutan tahun ini, mungkin menjadi salah satu faktor pulihnya dollar AS. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa data NFP tersebut masih memberikan tekanan turun bagi dollar AS. Hari ini indeks dollar berada di kisaran 80.40-80.80, jauh di atas kisaran penutupan pekan lalu di 80.10.

Sementara penurunan  indeks saham Dow Jones semalam ikut mengerek turun indeks saham regional Asia pagi ini. Buruknya laporan earnings perusahaan yang terdaftar pada Dow Jones menjadi penyebab penurunan indeks tersebut. Pagi ini, Jepang merilis data Current Account yang masih mengalami defisit sekitar 50 milyar yen. Hasil ini menekan indeks saham Nikkei Jepang yang sebelumnya telah tertekan akibat penguatan yen. USDJPY kini berada di kisaran 103.2 lebih rendah dari penutupan pekan lalu yang di kisaran 105.

Sore ini, data inflasi Inggris bisa mempengaruhi pergerakan GBPUSD yang dua hari terakhir mengalami tekanan turun akibat buruknya data produksi manufaktur Inggris. Bila data inflasi Inggris yang diwakili oleh data CPI lebih besar dari perkiraan, GBPUSD bisa merambat naik kembali. Sementara nilai tukar euro akan mendapatkan market mover dari data produksi industri yang akan dirilis pukul 17.00 WIB.

Malam hari, AS akan merilis data penjualan ritel yang merupakan salah satu indikator kesehatan ekonomi AS yang penting. Ekonomi domestik berperan sebesar 70% dari keseluruhan ekonomi AS. Bagusnya data penjualan ritel ini bisa mendukung penguatan dollar dan indeks saham AS.

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar