Sabtu, 25 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Dollar Rebound Karena Optimisme Ekonomi AS

Rabu, 8 April 2015 10:45 WIB
Dibaca 187

Monexnews - Indeks dollar AS menguat mendekati kisaran 98 setelah sebagian pasar keuangan Eropa yang libur Paskah kembali dibuka kemarin. Penguatan dollar AS ini menunjukkan bahwa perbedaan outlook kebijakan moneter antara Bank Sentral AS dengan bank sentral lainnya masih menjadi faktor penguat dollar AS. Selain itu, membaiknya data Jumlah Lowongan Pekerjaan di AS bulan Februari juga mendukung penguatan dollar. Data mencatatkan jumlah lowongan pekerjaan di AS bulan tersebut naik ke level tertinggi dalam 14 tahun terakhir.

Penguatan dollar AS ini mendorong pelemahan indeks saham AS semalam karena kekhawatiran penguatan dollar AS akan memangkas pendapatan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa AS. Namun pagi ini, indeks saham Asia spot tidak terpengaruh dengan pergerakan indeks saham AS. Nikkei, Kospi dan Hang Seng spot bergerak menguat. Nikkei terbantu oleh penguatan dollar AS terhadap yen Jepang. Kospi terbantu oleh penguatan saham-saham kimia, sekuritas, dan penyulingan. Sementara Hang Seng menguat mengikuti momentum penguatan bursa saham China yang naik 2,5%.

Pagi ini para pelaku pasar menunggu hasil rapat kebijakan moneter Bank Sentral Jepang (BoJ). Kemungkinan tidak ada perubahan kebijakan moneter. BoJ kemungkinan masih akan mendukung pelonggaran moneter untuk mencapai target inflasi 2%.

Pada jam pasar keuangan Eropa, dari zona Euro akan dirilis data Pesanan Pabrik Jerman dan Penjualan Ritel Zona Euro. Kedua data ini bisa menjadi market mover euro sore nanti. Angka yang lebih rendah dari perkiraan bisa mendorong pelemahan euro.

Sementara pada jam pasar keuangan AS, William Dudley, Presiden Bank Sentral AS cabang New York akan menyampaikan pidato mengenai kebijakan moneter. Komentar Dudley mengenai kebijakan moneter Bank Sentral AS akan menjadi perhatian pelaku pasar dan bisa menjadi market mover.

Dan harga minyak mentah WTI akan menantikan data stok minyak mentah mingguan dari EIA (Energy Information Administration). Kemarin harga minyak mentah WTI menguat karena laporan EIA yang menyebutkan bahwa harga minyak akan stabil karena permintaan global akan meningkat dan produksi di AS akan menurun.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar