Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Efek Tapering Berlanjut

Kamis, 19 Desember 2013 11:53 WIB
Dibaca 486

Monexnews - Tapering akhirnya dilakukan Fed dinihari tadi. Dan ini berdampak pada penguatan dollar AS terhadap mata uang utama dunia dan juga mata uang emerging markets. Harga komoditi pun terdepresiasi. Namun hasil Fed semalam tidak melemahkan indeks saham global. Semalam indeks saham AS menguat, demikian pula indeks saham Asia pagi ini. Ini disebabkan oleh optimisme pemulihan ekonomi AS akan berlanjut di 2014 seperti yang diungkapkan oleh Federal Reserve dinihari tadi.

Fed masih membuka potensi tapering di 2014 namun dengan penegasan bahwa kebijakan bank sentral AS masih dalam pelonggaran bukan pengetatan. Fed masih akan mempertahankan stimulus dan belum akan menaikkan tingkat suku bunga karena ekonomi AS masih memerlukan hal tersebut.

Selain efek tapering, dari AS, data klaim tunjangan pengangguran, data penjualan rumah dan data indeks manufaktur di Philadelphia akan menjadi market mover malam ini. Data-data ini bisa mengkonfirmasi kesehatan ekonomi AS. Perlu diingat, tapering lanjutan akan ada di tahun 2014 dan semua data ekonomi AS akan menjadi bahan pertimbangan. Semakin bagus data AS, dollar akan kembali menguat.

Sementara dari Eropa, kita akan menantikan data penjualan ritel Inggris dan current account zona euro yang bisa mempengaruhi kekuatan sterling dan euro.

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar