Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga AS Masih Picu Penguatan Dollar

Senin, 5 Januari 2015 11:04 WIB
Dibaca 271

Monexnews -Indeks Dollar AS masih dalam potensi penguatan. Potensi penguatan ini terjaga karena pasar masih berekspektasi bahwa Bank Sentral AS akan menaikan suku bunga acuan di tahun 2015 ini. Penguatan dollar AS ini terutama terlihat pada pelemahan nilai tukar mata uang Eropa seperti euro, poundsterling dan Franc Swiss.

Nilai tukar euro, khususnya, masih mendapatkan tekanan dari kemungkinan Bank Sentral Eropa (ECB) mengeluarkan kebijakan stimulus moneter lagi. ECB masih mengkhawatirkan potensi deflasi yang bisa menurunkan tingkat pertumbuhan zona Euro.

Pasar keuangan juga masih dibayangi oleh kekhawatiran terhadap outlook ekonomi zona euro dimana Yunani sedang menghadapi kemungkinan keluar dari program bailout zona Euro. Dan bila ini terjadi, akan mempengaruhi tingkat keyakinan investor terhadap perekonomian zona Euro secara keseluruhan.

Kekhawatiran terhadap kondisi perekonomian zona Euro kelihatannya sempat memberikan sentimen negatif di awal sesi ke indeks-indeks saham berjangka Asia pagi ini. Namun awal tahun mungkin bisa memberikan dorongan penguatan untuk indeks-indeks saham ini karena para investor mulai mengkoleksi kembali saham-saham untuk mengisi portofolio awal tahun mereka.

Sementara harga minyak mentah WTI mengalami penurunan di awal sesi pagi ini. Harga menyentuh level terendah baru dalam 5,5 tahun di kisaran $51,41 per barel. Kekhawatiran mengenai surplus suplai minyak mentah global memberikan tekanan pada harga. Apalagi OPEC masih belum mau menurunkan jumlah produksinya.

Hari ini beberapa data ekonomi mungkin bisa menjadi market mover di antaranya adalah data perubahan jumlah pengangguran Spanyol dan data PMI konstruksi Inggris. Pekan lalu, data PMI manufaktur Inggris yang di bawah ekspektasi pasar mendorong pelemahan nilai tukar poundsterling.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar