Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Eurforia Penguatan Dollar AS Karena NFP

Senin, 6 Oktober 2014 10:20 WIB
Dibaca 300

Monexnews - Data Tenaga Kerja AS yang dirilis Jumat malam menghantarkan penguatan dollar AS terhadap mata uang utama dunia. Harga komoditas yang berdenominasi dollar AS pun tertekan turun. Data Non-farm Payrolls AS dirilis lebih bagus dari perkiraan pasar, 248 ribu vs 215 ribu. Demikian pula data Tingkat Pengangguran AS dirilis turun menjadi 5,9% dari sebelumnya 6,1%. Bagusnya data tenaga kerja AS memperbesar kemungkinan percepatan kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS sehingga mendorong penguatan dollar AS. Penguatan dollar AS juga didukung oleh data ISM Non-manufaktur AS yang sedikit lebih bagus dari perkiraan pasar. Sentimen penguatan dollar AS ini kemungkinan masih membayangi pergerakan pasar hari ini.

Euforia data tenaga kerja AS ini juga membayangi pasar saham AS yang ternyata memberikan sentimen yang positif. Indeks saham AS ditutup menguat 1% lebih pada perdagangan Jumat kemarin. Sentimen positif dari indeks saham AS menular ke perdagangan saham Asia pagi ini. Namun Kospi sedikit tertekan setelah laporan cadangan devisa Bulan Septembernya dirilis turun menjadi US$364,41 milyar dari bulan sebelumnya sebesar US$367,53 milyar.

Pagi ini sebagian besar pasangan mata uang mengalami rebound dari harga penutupan pekan lalu. Rebound ini cukup wajar setelah harga mengalami tekanan yang cukup dalam. Namun pasar masih harus tetap mewaspadai penguatan dollar AS.

Siang ini data ekonomi Pesanan Pabrik Jerman untuk Bulan Agustus mungkin bisa menjadi market movers. Data diperkirakan mengalami penurunan sebesar 2,4%. Proyeksi ini lebih buruk dari hasil bulan sebelumnya yang mengalami kenaikan sebesar 4,6%. Data ini bisa menjadi sumber tekanan turun bagi euro bila dirilis sesuai atau lebih buruk dari perkiraan pasar.

Sementara malam hari, Kanada akan merilis data survei PMI aktivitas bisnis Kanada dari Ivey untuk Bulan September yang diproyeksikan berekspansi lebih bagus dari bulan sebelumnya, 53,4 vs 50,9. Hasil yang sesuai dengan prediksi bisa membantu penguatan dollar Kanada kembali.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar