Selasa, 24 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Euro Menanti Penetapan Hukum Pengadilan Eropa

Rabu, 14 Januari 2015 10:11 WIB
Dibaca 293

Monexnews - Hari ini, pasar menunggu berita dari Zona Euro mengenai penetapan hukum pengadilan Eropa soal legalitas program pembelian aset Bank Sentral Eropa (ECB). Penetapan hukum ini bisa mempengaruhi ECB untuk mengambil keputusan soal kebijakan pelonggaran kuantitatif (QE) terutama pembelian surat hutang negara. Bila pengadilan Eropa menolak atau memberikan batasan-batasan, hal ini akan menyulitkan ECB untuk mengeluarkan kebijakan QE pada rapat moneter pekan depan.

Selain itu, Zona Euro juga akan merilis data produksi industri bulan November yang diproyeksikan tidak mengalami perubahan dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil yang demikian akan mengindikasikan bahwa memang perekonomian Zona Euro sedang melambat.

Dari Amerika Serikat (AS), malam ini, akan dirilis data ekonomi penting yaitu penjualan ritel untuk bulan Desember. Data diproyeksikan naik 0,2% dibandingkan bulan sebelumnya. Angka yang di bawah prediksi bisa memunculkan kembali sentimen negatif yang belakangan ini menghampiri dollar AS. Pagi ini terlihat indeks dollar AS masih mempertahankan potensi penguatannya karena masih bergerak di area 92.

Gubernur Bank Sentral Inggris, Mark Carney, akan menyampaikan testimoni mengenai stabilitas keuangan di hadapan parlemen Inggris malam ini. Pasar menunggu sinyal prospek kebijakan moneter dari pidato Carney ini. Bila memunculkan sinyal belum akan menaikan suku bunga dalam waktu dekat, poundsterling bisa tertekan turun.

Harga minyak mentah WTI terus tertekan turun dan sempat menyentuh kisaran $44 per barel kemarin. Penurunan harga minyak mentah ini kemungkinan masih akan bertahan selama OPEC tidak memangkas tingkat produksinya. Malam ini ada data stok minyak mentah WTI mingguan AS. Bila hasilnya menunjukkan penambahan suplai, harga minyak mentah bisa tertekan turun lagi.

Penurunan harga minyak mentah berimbas ke indeks-indeks saham global dimana perusahaan produsen minyak mentah dunia yang berkapitalisasi besar terdaftar. Penurunan harga minyak turut menekan turun harga indeks saham tersebut. Penurunan harga minyak ini juga diperkirakan sebagian analis akan membantu mengurangi defisit neraca perdagangan Jepang dan ini akan berpotensi menguatkan nilai tukar yen.

Dari bursa saham AS akan dirilis laporan penghasilan dari perbankan besar AS yaitu JP Morgan dan Well’s Fargo. Keduanya akan merilis laporan sebelum bursa saham AS dibuka.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar