Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Euro Tunggu CPI

Jumat, 29 Agustus 2014 10:30 WIB
Dibaca 178

Monexnews -Data-data ekonomi AS yang dirilis semalam seperti GDP, Klaim Tunjangan Pengangguran dan Pending Home Sales berhasil menopang penguatan dollar AS. Data-data yang dirilis lebih bagus dari prediksi pasar sehingga berhasil mempertahankan persepsi pasar bahwa kondisi ekonomi AS kian membaik.

Kemarin ketegangan kembali terjadi di Ukraina. Pemerintah Ukraina menganggap Rusia sudah menginvasi Ukraina. Ketegangan ini langsung menghantarkan indeks saham Eropa, DAX dan FTSE terkoreksi. Indeks saham AS pun tergelincir.

Ketegangan di Ukraina juga membayangi pergerakan indeks saham Asia. Indeks saham Kospi juga mendapatkan tekanan dari data-data ekonomi Korea Selatan yang dirilis pagi ini dimana output sektor jasa dan indeks manufakturnya di bawah ekpektasi pasar. Indeks saham Nikkei tertekan oleh beberapa data ekonominya yang mengindikasikan kerapuhan ekonomi Jepang. Data Belanja Rumah Tangga turun 5,9% dibandingkan bulan sebelumnya, Tingkat Pengangguran naik 3,8% di Bulan Juli dan Output Industri hanya naik 0,2% di bawah ekspektasi pasar. Sementara indeks saham Hang Seng rebound tipis pagi ini setelah mengalami koreksi yang dalam kemarin. Para pelaku pasar sedang menantikan data Indeks Manufaktur China yang akan dirilis Senin pagi pekan depan.

Pagi ini juga telah dirilis survei ANZ Keyakinan Bisnis Selandia Baru Bulan Agustus yang turun menjadi 24,4 vs data bulan sebelumnya 39,7. Hasil ini memberikan sentimen negatif bagi nilai tukar dollar NZ.

Sore hari, cukup banyak data ekonomi penting zona euro yang akan dirilis. Pasar kemungkinan akan lebih fokus ke data CPI(Indeks Harga Konsumen) Flash Estimate untuk Bulan Agustus yang belakangan ini mendapatkan sorotan. CPI yang mendekati level 0% ini menjadi salah satu alasan Bank Sentral Eropa (ECB) menurunkan suku bunga acuan beberapa waktu lalu. Bila hasil CPI kali ini kembali di bawah prediksi 0,3%, nilai tukar euro bisa terpangkas lagi. Data lainnya yang bisa menjadi market mover adalah data Penjualan Ritel Jerman dan Tingkat Pengangguran Zona Euro.

Malam ini, Kanada dan AS akan merilis beberapa data ekonomi penting sebelum pasar kedua negara ini libur Senin pekan depan. Kanada akan merilis data GDP m/m untuk bulan Juni yang diperkirakan tumbuh 0,2%. Sementara AS akan merilis data Personal Spending, Core PCE Index dan survei aktivitas bisnis di Chicago.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar