Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Euro Tunggu Data CPI

Kamis, 31 Juli 2014 10:26 WIB
Dibaca 195

Monexnews - Indeks Dollar AS menguat tajam pasca dirilisnya data GDP kuartal ke-2 AS yang jauh melebihi prediksi, 4,0% vs 3,1%. Angka ini menunjukkan bahwa ekonomi AS memang sudah pulih. Namun pasca hasil rapat moneter FOMC Bank Sentral AS,  indeks dollar terkoreksi kembali karena Fed ternyata tidak mengindikasikan kenaikan suku bunga. Fed hanya melakukan apa yang sudah dilakukan pada rapat-rapat sebelumnya yaitu pemangkasan stimulus sebesar $10 milyar. Selain itu, Fed memperbaiki pernyataan soal inflasi yang saat ini diperkirakan sudah tidak ada tekanan turun lagi. Pernyataan ini sebenarnya cukup positif untuk dollar AS. (Baca: Persepsi Bank Sentral AS Akan Menaikkan Suku Bunga Acuan)

Pagi ini telah dirilis data ekonomi Australia, Building Approvals (Ijin Membangun) dan Harga Impor yang keduanya mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya, -5,0% dan -3,0%. Data yang di bawah ekspektasi pasar ini memberikan tekanan turun pada dollar Australia pagi ini. Sementara Indeks saham Asia sebagian tertekan pagi ini, kemungkinan karena prospek kenaikan suku bunga AS.

Pasar akan menantikan data yang cukup penting dari Eropa sore ini yaitu data perkiraan CPI untuk Bulan Juli yang diprediksi sama seperti bulan sebelumnya yaitu 0,5%. Angka ini masih jauh di bawah target 2% dan bila hasil yang dirilis sama atau di bawah prediksi, nilai tukar euro berpeluang tertekan turun. Data lain yang perlu dicermati yaitu data Tingkat Pengangguran Zona Euro, Perubahan Jumlah Pengangguran Jerman, dan data Penjualan Ritel Jerman.

Dari Inggris, pasar akan memperhatikan data survei Indeks Harga Rumah dari Nationwide. Harga rumah yang meninggi bisa mendorong penguatan poundsterling karena potensi kebijakan pengetatan moneter.

Dari Kanada, pasar akan melihat data GDP bulanan untuk Bulan Mei yang diperkirakan mengalami kenaikan 0,3% lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang mengalami kenaikan hanya 0,1%. Angka yang lebih bagus dari prediksi bisa menahan pelemahan dollar Kanada terhadap dollar AS saat ini akibat prospek suku bunga Fed.

Malam ini, AS akan merilis satu lagi data tenaga kerja yaitu data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan yang diprediksi 303 ribu. Data ini bisa jadi market mover dollar malam ini meski pasar masih menunggu data yang lebih penting besok yaitu data Non Farm Payrolls dan Tingkat Pengangguran AS.

Dari Bursa Saham AS, ada beberapa laporan earnings yang akan dirilis yaitu dari Exxon Mobil, Conoco Philips, Mastercard, Colgate Palmolive dan CME Group. Kelimanya akan dirilis sebelum pasar saham AS dibuka.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar