Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Fokus Pada Data Inflasi

Kamis, 16 Januari 2014 10:45 WIB
Dibaca 230

Monexnews - Data CPI (Indeks Harga Konsumen) yang juga merupakan data inflasi akan menjadi penggerak pasar hari ini. Zona euro akan merilis data CPI sore hari dan AS akan merilis data CPI pada malam hari.

Data inflasi ini biasanya akan mempengaruhi pandangan para analis atau trader terhadap kebijakan moneter bank sentral ke depannya. Data inflasi yang lebih tinggi akan mendorong bank sentral lebih mengetatkan kebijakan moneternya, antara lain dengan menaikan suku bunga acuan dan mengurangi stimulus yang bisa berujung pada penguatan nilai tukar. Sementara bila data inflasi lebih rendah daripada sebelumnya, akan mendorong bank sentral untuk tetap melonggarkan kebijakan moneternya yang bisa berujung pada pelemahan nilai tukar.

Selain itu, data tenaga kerja AS, klaim tunjangan pengangguran mingguan juga akan menjadi market mover. Mendampingi data CPI AS, data ini juga akan mempengaruhi kebijakan bank sentral. Data yang lebih bagus dari prediksi akan semakin menguatkan asumsi kebijakan tapering akan dilanjutkan yang akan mendorong penguatan dollar AS.

Data pembelian surat berharga jangka panjang AS oleh pihak asing juga bisa menjadi penggerak dollar AS. Semakin besar pembelian surat berharga AS oleh asing akan semakin menopang penguatan dollar AS dan sebaliknya.

Data lainnya dari AS yang juga ditunggu pasar adalah data indeks aktivitas manufaktur di kawasan Philadelphia. Data ini akan menunjukkan kesehatan ekonomi AS di sektor manufaktur. Kemarin data aktivitas manufaktur di kawasan New York menunjukkan hasil yang bagus yang bisa menjadi indikasi aktivitas manufaktur di kawasan Philadelphia juga bagus.

Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke yang akan mengakhiri jabatannya di Januari ini akan berpidato di Lembaga Brookings, Washington, malam ini. Bernanke kelihatannya akan menyampaikan pidato perpisahan, namun pasar akan memperhatikan pernyataan Bernanke terkait kebijakan moneter Fed ke depannya.

Pada indeks saham, musim pelaporan earnings di bursa saham AS, akan menjadi market mover bagi indeks saham DOW, S&P dan Nasdaq dan tentunya pergerakan di bursa AS ini bisa berpengaruh pada pergerakan indeks saham asia pagi harinya. Pergerakan bagus indeks saham AS juga berkorelasi dengan penguatan indeks saham Eropa terutama DAX Jerman belakangan ini.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar