Jumat, 15 Desember 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Hasil Pemilu Jerman & Selandia Baru Warnai Sentimen di Awal Pekan

Senin, 25 September 2017 8:46 WIB
Dibaca 986

Monexnews - Spekulasi bahwa Perdana Menteri Jepang akan mengusung paket stimulus bersama dengan ekspektasi pemilu singkat mendorong penguatan bursa saham Jepang dan memicu pelemahan yen. Sementara itu, kiwi dan euro melemah akibat hasil pemilu yang berpotensi memperumit koalisi politik, setelah partai yang berkuasa tidak berhasil mendapatkan mayoritas.

Potensi pergerakan:

Harga Emas
Kendanti pertukaran retorika antara Korea Utara dan AS pada akhir pekan, namun ketegangan nampaknya mulai mereda. Faktor tersebut dapat menekan turun harga emas di tengah ketidakpastian politik di Jerman dan Selandia Baru, sementara pasar menantikan pidato dari sejumlah petinggi the Fed hari ini. Secara teknikal, harga emas masih dalam outlook bearish selama di bawah level $1300, dan berpotensi menguji level support $1287 dalam jangka pendek.

Harga Minyak

Penundaan kesepakatan untuk memperpanjang pembatasan output negara produsen minyak hingga bulan Januari berpotensi membatasi pergerakan naik harga minyak di hari Senin. Support terdekat untuk harga minyak ada pada level psikologis $50 per barel, sementara range berkisar antara $49.30 - $51.00.

EURUSD

EURUSD tampil buruk di awal sesi, akibat meningkatnya dukungan untuk partai sayap kanan, mempersulit Kanselir Angela Merkel untuk membentuk koalisi pemerintahan. Fokus selanjutnya akan tertuju pada pidato oleh Presiden ECB Mario Draghi pukul 20:00 WIB nanti malam. Ketidakpastian politik di Jerman berpotensi menekan EURUSD kembali turun menguji support 1.1820, sementara resisten masih terdapat di level 1.2000.

GBPUSD

Usai downgrade rating oleh Moody's hari Jumat, GBPUSD masih berpotensi tertekan turun pada hari Senin. Minimnya rincian rencana dari Perdana Menteri Theresa May terkait bagai mana Inggris mempertahankan akses pada pasar tunggal di Eropa menjadi salah satu alasan downgrade dari Moody's. GBPUSD berpeluang menguji support 1.3445 hari ini, sementara dukungan rate hike oleh bank sentral berpotensi menopang GBPUSD. Resisten berada di kisaran 1.3540 dan 1.3615.

USDJPY

Pelemahan yen akibat harapan bahwa stimulus ekonomi oleh Perdana Menteri Shinzo Abe seiring mengumumkan pemilu singkat tanggal 22 Oktober nanti, memberikan dorongan naik pada pasangan USDJPY hari Senin. Kini pasar akan menantikan pidato oleh Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda. Ruang kenaikan USDJPY masih terbuka menuju level 112.90, sementara pergerakan turun akan menemui support di level 111.65 hari ini.

Rilis data ekonomi selengkapnya bisa dilihat di Calendar

(Agus Chandra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar