Minggu, 22 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Indeks Dollar AS Kembali Memuncak

Selasa, 10 Maret 2015 10:26 WIB
Dibaca 215

Monexnews - Indeks dollar AS kembali memuncak. Indeks masih mencetak rekor tertinggi baru 2015 pagi ini. Indeks saat ini berada di kisaran 97.88. Penguatan indeks dollar AS ini akibat optimisme pelaku pasar akan kenaikan suku bunga acuan AS di pertengahan tahun ini. Dua petinggi Bank Sentral AS yang berpidato kemarin, Richard Fisher dan Loretta Mester, menyatakan dukungannya terhadap kenaikan suku bunga acuan tersebut. Bank Sentral AS akan mengadakan rapat moneter bulan Maret pada minggu depan.

Sementara dari Zona Euro, para pejabat tinggi masih berkutat dengan negosiasi pembiayaan atau pemberian dana bailout untuk Yunani. Zona Euro menekankan bahwa Yunani harus mencapai kata sepakat sebelum masa perpanjangan 4 bulan berakhir. Zona Euro mengharapkan para pejabat baru Yunani untuk tidak mempersulit negosiasi bailout untuk Yunani karena Yunani akan kesulitan mendapatkan pembiayaan bila tidak berada dalam program bailout Zona Euro. Sore ini para mentri keuangan Uni Eropa akan melakukan pertemuan untuk membahas masalah-masalah keuangan terkini termasuk masalah Yunani.

Pagi ini telah dirilis data survei Tingkat Keyakinan Bisnis Australia oleh NAB untuk bulan Februari. NAB (National Australia Bank) mengatakan bahwa pemangkasan tingkat suku bunga acuan yang dilakukan Bank Sentral Australia pada bulan Februari lalu tidak membantu mengangkat optimisme pebisnis terhadap bisnis di Australia. Hasil yang di bawah perkiraan ini mendorong pelemahan nilai tukar dollar Australia.

Data Indeks Harga Konsumen (CPI) China bulan Februari yang lebih bagus dari prediksi, 1,4% vs 1%, tidak mampu memberikan sentimen positif ke dollar Australia maupun indeks saham Asia. Kemungkinan ini disebabkan oleh data Indeks Harga Produsen China bulan Februari yang dirilis secara bersamaan menunjukkan penurunan yang dalam, -4,8%.

Dan dari Inggris, Gubernur Bank Sentral Inggris (BoE), Mark Carney, akan melakukan testimoni di hadapan Komite Ekonomi parlemen Inggris malam ini. Para pelaku pasar akan mencari sinyal mengenai kebijakan suku bunga BoE dalam waktu dekat. Sinyal kenaikan suku bunga akan mendorong penguatan poundsterling.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar