Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Indeks Dollar AS Masih Menguat

Rabu, 11 Juni 2014 10:04 WIB
Dibaca 214

Monexnews - Indeks dollar AS masih menguat dan kini bergerak di kisaran 80.86. Penguatan dollar lebih disebabkan oleh pelemahan nilai tukar mata uang kawasan Eropa seperti euro dan poundsterling. Imbas dari kebijakan pelonggaran moneter Bank Sentral Eropa (ECB) mulai menekan euro. Nilai tukar euro juga melemah terhadap dollar Australia, yen Jepang, dollar Kanada, dan poundsterling.

Nilai mata uang yang berkaitan dengan komoditi seprti dollar Australia, dollar New Zealand dan dollar Kanada masih menguat mengikuti penguatan harga minyak mentah dan emas.

Pagi ini kabar dari Dana Pensiun Pegawai Pemerintahan Jepang (GPIF) yang mengatakan bahwa GPIF akan meningkatkan alokasi investasi di saham dan obligasi asing pada musim gugur tahun ini, mendorong penguatan indeks Nikkei. Namun demikian, Nikkei masih mendapatkan tekanan dari penguatan yen beberapa hari belakangan ini. Sementara Indeks Kospi menguat karena optimisme terhadap perekonomian Korea Selatan. Namun penguatan nilai tukar won terhadap dollar AS bisa menekan indeks ini. Dan tekanan turun langsung terasa pada indeks saham Hangseng yang mengalmi aksi profit taking setelah reli cukup panjang dalam 2 hari terakhir.

Sore ini, data ekonomi penting dari Inggris akan menjadi penggerak nilai tukar poundsterling. Data Klaim Tunjangan Pengangguran untuk Bulan Mei diperkirakan turun 25000 klaim. Sementara Tingkat Pengangguran 3 bulanan untuk Bulan April diperkirakan turun menjadi 6,7% dari data sebelumnya sebesar 6,8%. Hasil yang sesuai prediksi tentu bisa menguatkan kembali nilai tukar poundsterling.

Dari AS, data stok minyak mentah WTI mingguan akan menjadi sorotan pasar dengan penguatan harga minyak mentah WTI dua hari terakhir ini. Stok minyak diperkirakan turun sebesar 1,3 juta barel. Rumor terjadinya penurunan stok minyak sudah berkembang dari Senin kemarin dan berhasil mengangkat harga minyak mentah.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar