Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Indeks Dollar AS Menguat Lagi Karena Potensi Suku Bunga Fed

Jumat, 20 Maret 2015 10:42 WIB
Dibaca 213

Monexnews - Dollar AS menguat lagi terhadap mata uang utama dunia kemarin pasca melemah setelah rilis pernyataan hasil rapat moneter Bank Sentral AS. Indeks dollar AS kembali ke kisaran 98 setelah sempat terjun ke area 96. Bank Sentral AS memberikan kesan bahwa kenaikan suku bunga acuan mungkin akan ditunda, namun tidak ada pernyataan Fed yang tidak ingin menaikan suku bunga tahun ini. Oleh karena itu, penguatan dollar masih dapat terjadi.

Pagi ini telah dirilis minutes atau notulen rapat moneter Bank Sentral Jepang (BoJ) yang mengungkapkan bahwa pemerintah Jepang meminta BoJ untuk memperlambat pencapaian target inflasi. Pemerintah Jepang mengkhawatirkan stimulus moneter yang berlebihan bisa melemahkan nilai tukar yen ke level yang bisa melukai daya beli konsumen Jepang. Indikasi ini mungkin bisa menahan pelemahan yen terhadap dollar AS untuk beberapa waktu ke depan.

Sementara pidato Gubernur Bank Sentral Australia (RBA) di hadapan para pebisnis di Australia masih mengungkapkan kesulitan ekonomi Australia dalam transisi dari bisnis komoditas yang sedang menurun. RBA masih memberikan indikasi pemangkasan suku bunga acuan lagi tahun ini. Pernyataan gubernur RBA memberikan sentimen negatif bagi nilai tukar Dollar Australia.

KTT Ekonomi Uni Eropa masih akan berlanjut hari ini. Diskusi terhangat masih mengenai persoalan bailout Yunani. Uni Eropa meminta Yunani untuk menjalankan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya seperti penghematan anggaran. Masalah Yunani ini juga turut membebani nilai tukar Euro.

Dari AS, dua pejabat Fed yang memiliki hak suara di rapat moneter FOMC tahun ini, Dennis Lockhart dan Charles Evans akan berpidato membicarakan kebijakan moneter. Indikasi dukungan terhadap kenaikan suku bunga bisa mendorong penguatan dollar AS lagi.

Dan dari Kanada, pasar akan menunggu data Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan Februari dan Penjualan Ritel bulan Maret. Masing-masing data diprediksi mengalami kenaikan 0,7% dan penurunan sebesar 0,7% dibandingkan bulan sebelumnya. Dollar Kanada mungkin bisa menguat lagi terhadap Dollar AS bila data-data ekonomi tersebut dirilis lebih bagus dari ekspektasi.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar