Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Indeks Manufaktur China Memberikan Sentimen Positif Ke Pasar Keuangan

Senin, 2 September 2013 11:06 WIB
Dibaca 140

Monexnews - Hari ini merupakan hari libur nasional di AS dalam rangka memperingati hari buruh. Aktivitas pasar keuangan malam hari ini nanti kemungkinan akan menyurut sehubungan dengan peristiwa ini.

Pagi ini ada beberapa market mover yang terlihat dominan di pasar seperti isu aksi militer ke Suriah yang mereda, data PMI manufaktur China dan persetujuan kenaikan pajak penjualan Jepang.

Kekhawatiran terhadap penyerangan ke Suriah sedikit mereda seiring dengan rencana Presiden Obama untuk meminta persetujuan Kongres AS terkait aksi militer ke Suriah tersebut. Permintaan persetujuan ke Kongres ini, menurut berita yang berkembang di media, membutuhkan waktu sekitar 9 hari. Meredanya isu ini membuat pasar berani masuk kembali ke bursa saham, harga minyak dan emas tertekan.

Bagusnya data PMI manufaktur China yang dirilis pemerintah Hari Minggu kemarin memberikan dorongan penguatan bagi bursa saham regional seperti Hang Seng, Nikkei dan Kospi juga menguatkan nilai tukar dollar Australia terhadap dollar AS. Data dari pemerintah China ini didukung oleh data PMI manufaktur China yang disurvei oleh HSBC yang juga masuk ke area ekspansi di atas 50.

Sementara dari Jepang dilaporkan bahwa rencana kenaikan pajak penghasilan menjadi 8% pada tahun 2014 mendapat dukungan dari mayoritas anggota panel konsultan yang dimintai pertimbangan oleh pemerintah Jepang setelah melihat data belanja modal Jepang yang dirilis pagi ini lebih bagus dari ekspektasi pasar yang memperkirakan terjadinya penurunan belanja. Melihat pergerakan di bursa saham dan forex, kelihatannya pasar mendukung kenaikan pajak penghasilan sebagai bagian reformasi ekonomi Jepang ke arah yang lebih baik. PM Shinzo Abe diperkirakan akan mengambil keputusan pada awal Oktober.

Dari Eropa akan dirilis beberapa data PMI (Purchasing Managers’ Index) manufaktur dari beberapa negara yaitu Spanyol, Italia, Zona Euro, Swiss dan Inggris. Semuanya diproyeksikan masuk ke level ekspansi atau pertumbuhan. Ini tentunya merupakan kabar baik bagi kawasan Eropa dan bisa memberikan sentimen positif ke aset-aset beresiko.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar