Minggu, 22 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Instrumen Safe Haven Kembali Ditinggalkan

Rabu, 4 Februari 2015 10:23 WIB
Dibaca 233

Monexnews - Market Mover kembali datang dari lonjakan harga minyak mentah dimana harga minyak mentah WTI kini sudah berhasil menembus kisaran $52 per barel. Lonjakan harga minyak mentah ini seiring dengan laporan penutupan sejumlah rig yang memproduksi minyak mentah di AS. Penutupan ini berpotensi menurunkan suplai yang berlebih saat ini. Selain itu aksi ambil untung juga terjadi pada posisi jual mengingat harga minyak mentah telah turun dalam selama 7 bulan.

Lonjakan harga minyak mentah ini mendorong kenaikan indeks saham global. Indeks saham Dow jones menguat lebih dari 1% semalam. Indeks saham Asia juga melanjutkan penguatannya pagi ini. Penguatan juga didukung oleh proposal hutang Yunani yang baru yang tidak akan menghapusbukukan hutang-hutangnya. Kebijakan ini melegakan para kreditor dan pelaku pasar keuangan.

Euforia sentimen positif di pasar keuangan mendorong peralihan portofolio dari instrumen safe haven seperti emas ke instrumen yang lebih beresiko. Harga emas mengalami tekanan ke $1255 per troy ons kemarin.

Sementara dollar AS mendapatkan tekanan dari data Pesanan Pabrik bulan Desember yang turun tajam 3,4% dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan data ini mengindikasikan pelemahan aktivitas manufaktur AS ke depannya. Selain itu, pasar juga menantikan beberapa data tenaga kerja AS penting yang akan dirilis menjelang akhir pekan. Data tenaga kerja ini biasanya berpengaruh besar bagi pergerakan nilai tukar dollar AS.

Malam ini AS akan merilis data Non-Farm Payrolls versi ADP dan Indeks aktivitas non-manufaktur yang juga akan mempengaruhi pergerakan nilai tukar dollar AS. Selain itu, data stok minyak mentah WTI juga akan menjadi pusat perhatian pelaku pasar minyak mentah dimana stok minyak yang berkurang akan mengangkat kembali harga minyak.

Dari bursa saham AS, laporan penghasilan dari Merck, Motorola Solutions dan Polo Ralph Lauren akan dirilis sebelum pasar saham AS dibuka. Sementara laporan dari Prudential Financial akan dirilis setelah pasar saham AS ditutup.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar