Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Isu Crimea Tidak Memanas, Aset Beresiko Menguat

Selasa, 18 Maret 2014 10:50 WIB
Dibaca 300

Monexnews - Isu Crimea ternyata tidak memberikan sentimen negatif pada perdagangan di pasar keuangan Senin kemarin. Para pelaku pasar terlihat berani masuk kembali ke aset-aset beresiko. Harga emas terkoreksi dalam, demikian pula harga minyak mentah.

Pasar melihat referendum di Crimea berlangsung damai meskipun banyak kontroversi. Pihak Barat pun tidak menerapkan sanksi yang keras terhadap Rusia. Sanksi yang diterapkan hanya bersifat personal terhadap para pejabat Rusia yang mendukung referendum tersebut. Sanksi pun hanya terbatas pada penolakan pemberian visa dan pembekuan aset terhadap 21 warga Rusia dan Crimea.

Namun demikian, isu Crimea ini belumlah tuntas. Pasar masih tetap mewaspadai perkembangan dari kawasan ini yang bisa saja menimbulkan ketegangan kembali.

Pagi tadi, Bank Sentral Australia telah merilis notulen (minutes) rapat kebijakan moneter yang berlangsung tanggal 4 Maret lalu. Dalam notulen tersebut terindikasi bank sentral akan tetap menahan tingkat suku bunga acuan pada level 2,5% untuk sementara waktu. Meski demikian, bank sentral tetap mengkhawatirkan nilai tukar dollar Australia yang dipandang masih terlalu tinggi. Secara keseluruhan, dollar Australia mendapatkan sentimen positif dari rilisan notulen ini.

Sore ini, Zona Euro akan merilis data survei sentimen ekonomi ZEW untuk wilayah Jerman dan Zona Euro yang diproyeksikan lebih rendah dari pengukuran bulan sebelumnya. Data ZEW ini biasanya menjadi penggerak euro dan indeks saham Eropa yang penting.

Sementara pada malam hari, AS akan merilis data CPI (Indeks Harga Konsumen) yang diperkirakan mengalami kenaikan yang sama seperti bulan sebelumnya. AS juga akan merilis data Ijin Membangun yang diperkirakan jumlahnya lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Data yang positif bisa mengangkat kembali indeks dollar AS. Kemarin, selain meredanya isu Crimea, indeks dollar AS juga mendapatkan tekanan turun dari data indeks manufaktur kawasan New York yang dirilis lebih rendah dari perkiraan pasar.

Gubernur Bank Sentral Inggris, Mark Carney, akan berpidato dalam pertemuan tahunan Mais Lecture di London dinihari nanti. Pernyataan Mark Carney mengenai kebijakan moneter dan outlook ekonomi Inggris, bisa menjadi market mover untuk pergerakan GBP (poundsterling).

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar