Senin, 20 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Isu Summers Lemahkan Dollar AS, Tapering Sudah Diantisipasi Pasar

Senin, 16 September 2013 10:32 WIB
Dibaca 307

Monexnews - Pagi ini berita pengunduran Lawrence Summers dari daftar calon gubernur bank sentral Amerika Serikat ditanggapi pasar dengan pelemahan dollar AS. Selama ini Summers dipandang sebagai orang yang akan melakukan penghentian stimulus moneter AS dengan lebih cepat dibandingkan calon-calon lainnya yang dipandang hanya akan melakukan penghentian stimulus secara bertahap.

Berita pengunduran Summers ini membuat seluruh majoir currencies menguat terhadap dollar AS pada pembukaan pasar hari ini. Isu pengunduran Summers ini juga berhasil mengangkat indeks saham regional dan harga komoditas logam seperti emas dan perak.

Sementara isu penyerangan ke Suriah sudah mereda seiring dengan AS menyetujui untuk tidak melakukan aksi militer ke Suriah setelah menyepakati proposal Rusia mengenai penyerahan persediaan senjata kimia Suriah. Berita ini akan membuat harga minyak mentah WTI mendapatkan tekanan turun dan pergerakan harga emas tidak lagi bergantung pada isu Suriah dan kembali fokus pada isu tapering Fed.

Pergerakan indeks saham AS, Eropa dan Asia mulai rebound belakangan ini. Ini menunjukkan pasar sudah mengantisipasi isu tapering Fed dan mulai masuk ke risky asset kembali.

Hari ini data yang akan menjadi market movers yaitu pidato Mario Draghi, presiden bank sentral Eropa, data CPI (indeks harga konsumen) zona euro, dan data aktivitas manufaktur di wilayah New York, AS. Ketiga data ini bisa mempengaruhi pergerakan mata uang zona euro dan juga dollar AS terhadap mata uang utama lainnya.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar