Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Kecemasan Geopolitik Angkat Dollar AS

Jumat, 27 Maret 2015 9:57 WIB
Dibaca 198

Monexnews -Indeks Dollar AS menguat ke kisaran 97 pagi ini setelah sempat melemah ke kisaran 96 sore kemarin. Penguatan indeks dollar AS ini terkait dengan data klaim tunjangan pengangguran AS yang lebih bagus dari prediksi dan kecemasan geopolitik di Timur Tengah. Data klaim tunjangan pengangguran AS dirilis 282 ribu klaim untuk pekan lalu, lebih rendah dari prediksi 291 ribu klaim. Sementara Arab Saudi menurunkan pesawat tempurnya memerangi pemberontak di Yaman. Yaman dikenal sebagai jalur pendistribusian minyak mentah yang bisa mengganggu suplai minyak. Pasar khawatir aksi Arab Saudi ini bisa meninggi ekskalasinya dengan menurunkan pasukan darat.

Penyerangan Arab Saudi ke kantong-kantong pemberontak di Yaman ini juga telah memicu penguatan harga minyak mentah WTI. Harga sempat menyentuh kisaran $52 per barel kemarin.

Pagi ini telah dirilis data belanja rumah tangga Jepang untuk bulan Februari yang hasilnya masih mengalami penurunan yaitu sebesar 2,9% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu tapi angka penurunannya sudah lebih kecil dari data bulan sebelumnya. Ini memberikan sentimen positif ke bursa saham Jepang selain karena pelemahan yen terhadap dollar AS.

Sore ini, dari Inggris akan dirilis data Indeks Harga Rumah dari Nationwide untuk bulan Maret. Data diprediksi mengalami kenaikan 0,2% dibandingkan bulan sebelumnya. Angka yang positif akan memberikan dorongan untuk penguatan poundsterling.

Malam hari, dari AS akan dirilis data GDP Final kuartal ke-4 2014. Data ini merupakan pengukuran ke-3 dari GDP kuartal ke-4 AS. Bila terjadi revisi naik dari pengukuran sebelumnya, 2,2%, bisa memberikan dorongan penguatan untuk dollar AS dan indeks saham AS. Dan dinihari nanti, Janet Yellen, Gubernur Bank Sentral AS akan menyampaikan pidato tentang kebijakan moneter di dalam konferensi yang diadakan Bank Sentral AS di San Francisco. Pandangan Yellen tentang kebijakan moneter AS ke depan sangat dinantikan oleh para pelaku pasar.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar