Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Kenaikan Suku Bunga Acuan AS Masih Terbuka Meski Inflasi AS Menurun

Kamis, 8 Januari 2015 10:18 WIB
Dibaca 227

Monexnews - Indeks dollar AS masih mendapatkan dorongan penguatan pagi ini. Minutes atau notulen rapat Bank Sentral AS (minutes FOMC) dinihari tadi masih membuka kemungkinan kenaikan suku bunga acuan AS meskipun tingkat inflasi AS menurun. Data Non-farm Payrolls AS versi ADP yang lebih bagus dari proyeksi juga membantu penguatan dollar AS. Indeks dollar AS kini bergerak di kisaran 92.14. Kemarin indeks dollar sempat menyentuh kisaran 92.27.

Minutes FOMC juga menyebutkan optimisme Bank Sentral AS terhadap pemulihan ekonomi AS dan kemungkinan kenaikan suku bunga acuan AS baru akan dilakukan di bulan April. Hal ini memberikan sentimen positif ke indeks saham AS. Dan pagi ini, penguatan indeks saham AS juga menular ke indeks saham Asia seperti Nikkei, Hang Seng, dan Kospi.

Sementara dollar Australia mendapatkan support pagi ini dari data Ijin Membangun (Building Approval) bulan November yang dirilis lebih bagus dari proyeksi pasar, 7,5% vs -2,7%. Naiknya jumlah ijin membangun menandakan sektor properti Australia masih menggeliat.

Malam ini Bank Sentral Inggris akan merilis hasil rapat moneter dimana para pelaku pasar berekspektasi bahwa bank sentral tidak mengubah kebijakan suku bunga dan kebijakan program pembelian asetnya. Bank Sentral Inggris masih mengkhawatirkan penurunan tingkat inflasi di Inggris. Kebijakan moneter yang tidak berubah mungkin tidak memberikan dampak yang besar bagi pergerakan poundsterling.

Sebelumnya, poundsterling akan mendapatkan market mover dari data Indeks Harga Rumah Inggris bulan Desember yang akan dirilis pukul 15:00 WIB dengan perkiraan terjadi kenaikan 0,3%. Kenaikan harga rumah akan membantu penguatan nilai tukar.

Dan nilai tukar euro akan mendapatkan market mover dari data Penjualan Ritel bulan November yang akan dirilis pukul 17:00 WIB dengan proyeksi kenaikan 0,3%. Nilai tukar euro saat ini membutuhkan data-data ekonomi yang positif dari Zona Euro untuk bisa menguat.

Dari AS akan dirilis data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan yang akan kembali mempengaruhi nilai tukar dollar AS menjelang rilisan data Non-farm Payrolls AS Jumat besok. Data yang kembali lebih bagus dari prediksi, yakni terjadi penurunan klaim, akan mendorong penguatan dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar