Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Keputusan ECB Terhadap Yunani Khawatirkan Pasar Keuangan

Kamis, 5 Februari 2015 10:20 WIB
Dibaca 410

Monexnews - Pasar dirundung kekhawatiran kembali pasca pengumuman dari Bank Sentral Eropa (ECB) dinihari tadi yang memutuskan untuk menolak surat hutang negara Yunani sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman karena memiliki peringkat hutang yang rendah.

Sebelumnya ECB menerima surat hutang Yunani tersebut sebagai jaminan. Namun karena dinamika politik yang terjadi di Yunani yang mempengaruhi sikap Yunani terhadap program bailout, ECB memberikan batasan yang tegas.

Bila Yunani menolak menerima dana dari program bailout, Yunani akan kesulitan mendapatkan dana yang diperlukan untuk kebutuhan negaranya dari sumber lain karena peringkat hutangnya yang rendah.

Yunani diperkirakan akan kehabisan dana kas pada akhir Februari ini kecuali bila Yunani bisa mendapatkan pendanaan jangka pendek sebesar 15 miliar euro.

Gejolak Yunani yang memberikan ketidakpastian bagi pasar keuangan zona euro dan global kembali mendorong peralihan portofolio dari instrumen yang beresiko seperti saham ke instrumen yang lebih aman seperti emas dan yen. Indeks saham AS dan Eropa ditutup melemah semalam dan indeks saham Asia bergerak turun pagi ini.

Sentimen positif dari aksi Bank Sentral China (PBOC) yang menurunkan rasio cadangan wajib minimum sebesar 50 basis poin menjadi 19,5% tidak mempengaruhi pasar keuangan pagi ini karena berita Yunani.

Hari ini pasar akan menunggu hasil keputusan rapat Bank Sentral Inggris (BoE) yang kemungkinan tidak ada perubahan kebijakan. Tapi pasar tetap saja mewaspadai keputusan yang di luar dugaan mengingat sejumlah bank sentral dunia kembali melonggarkan kebijakan moneternya.

Dari pasar minyak mentah, harga minyak mentah WTI kembali terkoreksi ke area $48 per barel setelah laporan stok minyak mentah WTI AS mengindikasikan suplai minyak AS masih melimpah. Harga minyak beberapa hari terakhir mendapatkan support dari berita berkurangnya jumlah rig yang beroperasi di AS dan Kanada.

Dari bursa saham AS, laporan penghasilan atau earnings yang akan dirilis hari ini adalah laporan dari Philip Morris (sebelum pasar saham AS dibuka), Expedia dan CME Group (setelah pasar saham AS ditutup).

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar