Sabtu, 25 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Lagi, Testimoni Bernanke Malam Ini

Kamis, 18 Juli 2013 10:50 WIB
Dibaca 490

Monexnews - Testimoni Bernanke semalam lebih menjelaskan kemungkinan arah kebijakan moneter AS selanjutnya. Bernanke menjelaskan 2 alternatif yaitu:

-          Program stimulus bisa dikurangi bila data-data ekonomi seperti tenaga kerja, inflasi, pertumbuhan serta kondisi pasar keuangan global memungkinkan untuk itu.

-          Program stimulus bisa bertahan atau bahkan bisa ditambah jika data-data ekonomi yang dimaksud di atas tidak memungkinkan, seperti inflasi masih konsisten di bawah target 2%, pelambatan ekonomi global.

Dari alternatif tersebut di atas, data-data ekonomi AS dan kondisi kesehatan ekonomi global akan menggerakan pasar keuangan ke depannya karena Bernanke telah menjelaskan bahwa kebijakan Fed akan disesuaikan dengan data dan kondisi ekonomi.

Dalam testimoninya juga, Bernanke tidak menghilangkan masih membuka opsi pengurangan stimulus. Dan menilai dari data-data ekonomi AS yang semakin membaik selama semester pertama, rencana pengurangan stimulus tersebut masih terbuka lebar. Ini yang membuat indeks dollar menguat.

Malam ini, Bernanke masih akan melakukan testimoni yang kali ini di hadapan komite perbankan Senat parlemen AS. Dan kemungkinan Bernanke akan menjelaskan hal yang sama, namun masih terbuka penekanan-penekanan yang berbeda dari pernyataan Bernanke dalam menjawab pertanyaan dari anggota senat.

Malam nanti, dua data ekonomi AS yang penting juga akan dirilis yaitu data klaim tunjangan pengangguran mingguan dan data indeks aktivitas manufaktur di wilayah Philadelphia. Kedua data ini akan memberikan konfirmasi lanjutan mengenai kondisi kesehatan ekonomi AS. Bila lebih bagus dari prediksi, maka kemungkinan bisa menguatkan kembali dollar AS.

Pagi ini, data CB Leading index Australia tidak mengalami perubahan alias 0% lebih rendah dari data bulan sebelumnya yang mengalami kenaikan 0,3%. Data ini memberikan tekanan negatif bagi dollar Australia.

Sore hari, pasar akan menantikan data current account dari zona euro dan data penjualan ritel Inggris. Data current account yang surplus menunjukkan besarnya permintaan mata uang lokal dibandingkan mata uang asing. Dan bila hasilnya demikian, bisa memberikan sentimen positif bagi euro. Sementara data penjualan ritel menunjukkan kekuatan ekonomi domestik di Inggris. Bila lebih bagus dari prediksi juga akan memberikan sentimen positif bagi sterling.

Harga minyak mentah WTI terus terkatrol naik, berkat data stok minyak AS yang memperlihatkan penurunan stok yang sangat signifikan. Dalam 3 minggu terakhir terjadi penurunan sekitar 27 juta barel. Data ini disampaikan setiap hari Rabu dan menjadi penggerak harga minyak belakangan ini.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar