Sabtu, 25 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Masih Soal Debt Ceiling

Senin, 7 Oktober 2013 11:20 WIB
Dibaca 307

Monexnews - Masalah debt ceiling atau batas atas utang AS masih belum terselesaikan. Pihak Republik tetap menginginkan pengurangan anggaran kesehatan Obamacare bila RUU debt ceiling ingin disetujui oleh House of Representatives. Sementara deadline tanggal 17 Oktober tinggal 10 hari lagi. Kemungkinan masalah ini akan semakin memanas seiring negosiasi yang berlarut-larut mendekati deadline. Kekhawatiran yang berlebihan akibat isu ini bisa melemahkan nilai aset-aset beresiko.

Namun meski isu debt ceiling masih memanas, sebagian pelaku pasar optimis bahwa UU batas atas utang AS akan segera diselesaikan sebelum batas waktu. Ini yang menyebabkan emas sebagai aset safe haven tidak diburu pasar saat ini.

Sementara akhir pekan kemarin, mata uang Australia menguat sementara mata uang kawasan Eropa justru melemah. Penguatan mata uang Australia ini dikaitkan dengan beberapa analisa perbankan lokal yang mengungkapkan kemungkinan bank sentral Australia tidak akan memangkas suku bunga lagi tahun ini. Suku bunga diprediksi akan mulai dipangkas lagi tahun 2014. Bank sentral Australia masih berharap nilai tukar Australia lebih melemah guna menunjang pemulihan ekonomi Australia. Sedangkan mata uang kawasan Eropa terseret ekspektasi bank sentral Inggris dan Eropa yang tidak akan menaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Hari ini merupakan hari libur pasar keuangan di Australia. Tidak banyak data yang akan menjadi market mover hari ini. Swiss akan melaporkan cadangan devisanya sore nanti. Cadangan devisa yang besar bisa memperkuat nilai tukar mata uang negara tersebut.

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar