Sabtu, 25 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Menanti Keputusan QE ECB

Kamis, 4 September 2014 10:15 WIB
Dibaca 255

Monexnews - Hari ini cukup banyak market mover penting yang bisa mempengaruhi pergerakan pasar keuangan. Ada tiga bank sentral yang akan merilis hasil rapat moneternya, yaitu Bank Sentral Jepang (BOJ), Inggris (BOE), dan Eropa (ECB). Selain itu ada tiga data Neraca Perdagangan yaitu dari negara Australia, AS dan Kanada. Jerman akan merilis data Pesanan Pabrik. Sementara AS akan merilis data Non-farm Payrolls (NFP) versi ADP, Klaim Tunjangan Pengangguran, dan PMI Sektor Jasa versi ISM.

Pasar akan fokus ke konferensi pers ECB pasca dirilisnya keputusan suku bunga acuan. Pada konferensi pers ini, pasar akan mendapatkan informasi soal kebijakan moneter lainnya yang akan diterapkan ke depannya. Bila ada kebijakan Pelonggaran Kuantitatif (QE), nilai tukar euro bisa tertekan turun cukup dalam. Namun terbuka kemungkinan ECB tidak mengeluarkan kebijakan QE karena aturan yang melarangnya. ECB bisa saja hanya mengeluarkan bentuk stimulus lainnya seperti memperluas fasilitas kredit murah untuk perbankan atau membeli asset backed securities (ABS) yang dikeluarkan korporasi di zona euro. (Baca: Bersiap Tidak Ada QE Dari ECB)

Sementara dua bank sentral lainnya, BOJ dan BOE diprediksi tidak akan mengubah kebijakan moneternya. Keduanya masih diharapkan mempertahankan kebijakan pelonggaran moneter. Namun bila ada kejutan dari keduanya, pergerakan tajam akan terjadi di kedua nilai tukar yang bersangkutan.

Data ekonomi AS juga akan menjadi perhatian pasar  terutama data tenaga kerja seperti ADP dan Klaim Tunjangan Pengangguran yang bisa menjadi gambaran untuk data NFP yang akan dirilis pemerintah Jumat besok. Data tenaga kerja yang bagus akan semakin mengkonfirmasi persepsi bahwa Bank Sentral AS (Fed) akan memperketat kebijakan moneternya lebih cepat dari perkiraan. Selain data tenaga kerja, data PMI Sektor Jasa dari ISM biasanya juga akan menjadi penggerak dollar dan indeks saham AS yang penting karena sektor jasa mengambil porsi hampir 70% dari perekonomian AS. Hasil yang lebih bagus dari proyeksi bisa mendorong penguatan dollar dan indeks saham AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar