Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Menunggu Kejutan Dari ECB

Kamis, 7 Agustus 2014 10:19 WIB
Dibaca 273

Monexnews -Beberapa peristiwa dan data ekonomi menjadi penggerak pasar kemarin. Ketegangan di Ukraina mendorong kekhawatiran ke sebagian pelaku pasar sehingga aset-aset yang dianggap aman menguat kemarin. Data GDP Italia kuartal kedua yang negatif mendorong penurunan nilai tukar euro. Ini berarti Italia sudah resmi masuk ke zona resesi karena GDP yang negatif selama dua kuartal beruntun.

Pagi ini telah dirilis data tenaga kerja Australia, yaitu data perubahan jumlah orang yang dipekerjakan dan data tingkat pengangguran. Kedua data ini dirilis lebih buruk dari ekspektasi pasar sehingga nilai tukar dollar Australia langsung tertekan turun pasca dirilisnya data.

Pasar menantikan pengumuman hasil rapat moneter dari dua bank sentral dunia yaitu Bank Sentral Inggris (BoE) dan Eropa (ECB). Dari BoE kemungkinan tidak ada kejutan, tingkat suku bunga acuan dan program stimulus akan tetap dipertahankan dengan nilai yang sama. Namun pasar menantikan kejutan dari ECB. Dengan data estimasi CPI Bulan Juli yang dirilis 0,4% di bawah bulan sebelumnya dan GDP Italia kuartal kedua yang kembali negatif, pasar mengharapkan ECB mengeluarkan kebijakan pelonggaran kuantitatif (QE). Bila ini terjadi, nilai tukar euro bisa tertekan turun lebih dalam lagi. Dan sebaliknya, bila ECB tidak mengeluarkan kebijakan QE, euro bisa menguat lagi.

Sementara dari AS akan dirilis data Klaim Tunjangan Pengangguran yang diperkirakan akan stabil di kisaran 300 ribu. Bila sesuai perkiraan, penguatan dollar AS masih tertopang. Dari Kanada akan dirilis data Ijin Membangun dan survei aktivitas bisnis Ivey. Kedua data ini diekspektasikan bertolak belakang. Data Ijin Membangun diprediksi mengalami penurunan 1,8% sementara data Ivey PMI diprediksi masuk ke fase ekspansi 54,1. Data Kanada cukup berpengaruh pada pergerakan USDCAD. Kemarin data Neraca Perdagangan Kanada yang surplus mendorong penguatan dollar Kanada sehingga USDCAD tertekan turun cukup dalam.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar