Jumat, 20 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Menunggu Testimoni Janet Yellen

Selasa, 15 Juli 2014 9:37 WIB
Dibaca 345

Monexnews - Pasar forex tidak banyak terlalu bergerak kemarin. Namun di pasar saham terlihat menguat di hampir semua bursa global. Ini mengindikasikan investor kembali masuk ke risk asset. Hal ini juga tercermin pada pelemahan yen kemarin dan anjloknya harga emas.

Dinihari tadi, Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) telah memberikan testimoninya di hadapan anggota parlemen Eropa. Draghi hanya menjelaskan kebijakan moneter yang telah dikeluarkan ECB seperti kebijakan TLTRO – Targeted Long Term Refinancing Operations-  sebesar lebih dari 700 milyar euro sebagai sumber pembiayaan murah bagi perbankan untuk disalurkan ke rumah-ru,mah tangga dan perusahaan yang membutuhkan kredit. Tidak ada hal baru yang dijelaskan Draghi pada testimoni ini sehingga tidak terlalu berpengaruh pada pergerakan nilai tukar euro.

Dan pagi ini telah dirilis minutes/notulen RBA – Bank Sentral Australia – yang isinya juga tidak ada yang mengejutkan pasar sehingga tidak terlalu berdampak pada pergerakan nilai tukar dollar Australia. RBA menekankan pentingnya suku bunga rendah yang telah membantu pemulihan ekonomi Australia.

Hari ini cukup banyak data dan peristiwa yang bisa menjadi market mover. Yang terdekat adalah hasil rapat moneter Bank Sentral Jepang (BoJ) yang diperkirakan tidak ada perubahan kebijakan dan ini mungkin bisa mendorong penguatan nilai tukar yen.

Sore hari, dari Inggris akan dirilis data CPI (Indeks Harga Konsumen) y/y yang merefleksikan tingkat inflasi untuk bulan Juni. Data diperkirakan naik 1,6%. CPI yang lebih tinggi bisa mendorong penguatan nilai tukarnya. Masih dari Inggris, Gubernur Bank Sentral Inggris (BoE) – Mark Carney- bersama jajarannya akan melakukan testimoni di hadapan anggota parlemen mengenai laporan stabilitas keuangan BoE. Indikasi soal kenaikan suku bunga dari testimoninya bisa mendorong penguatan poundsterling.

Sementara dari Zona Euro akan dirilis data Survei ZEW tentang Sentimen Ekonomi Jerman dan Zona Euro sendiri untuk bulan Juli. Data sentimen ekonomi ini merefleksikan pandangan para investor dan analis tentang kesehatan ekonomi. Hasil yang di bawah prediksi bisa menekan nilai tukar euro.

Malam hari, dari AS akan dirilis data Penjualan Ritel dan Indeks Manufaktur di kawasan New York. Kedua data ini cukup berpengaruh bagi pergerakan dollar AS. Namun pasar masih akan menunggu event testimoni Janet Yellen, Gubernur Bank Sentral AS – Fed-  di hadapan anggota Senat mengenai laporan tengah tahun kebijakan moneter Fed. Pasar akan mencari indikasi soal kenaikan suku bunga setelah program stimulus berakhir. Prospek kenaikan suku bunga bisa mendorong penguatan dollar AS.

Di bursa saham AS akan dirilis berbagai laporan earnings dari perusahaan perbankan, teknologi dan konsumsi yang bisa berpengaruh bagi pergerakan indeks. Goldman Sachs, Johnson & Johnson, JP Morgan  akan dirilis sebelum bursa saham AS dibuka, sementara Intel dan Yahoo akan dirilis sesudah bursa saham ditutup hari ini.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar