Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Negosiasi Bailout Yunani Buntu, Tekan Risk Instrument

Selasa, 17 Februari 2015 10:36 WIB
Dibaca 276

Monexnews - Kebuntuan negosiasi bailout antara Yunani dengan Zona Euro kemarin malam sempat menekan turun risk instrument/instrumen beresiko. Bursa  saham tertekan, demikian pula nilai tukar di luar dollar AS. Pasar mengkhawatirkan bila Yunani tidak setuju dengan bailout akan keluar dari Zona Euro dan tidak menggunakan mata uang euro lagi. Zona Euro masih membuka kesempatan negosiasi dengan Yunani hingga Jumat pekan ini. Zona Euro meminta Yunani untuk memperpanjang bailout terlebih dahulu baru bernegosiasi mengenai persyaratan bailout tersebut.

Yunani akan kesulitan mendapatkan dana di luar bailout bila tidak mendapatkan bailout setelah batas waktu 28 Februari. Gangguan keuangan di Yunani dikhawatirkan mengganggu sistem keuangan Zona Euro dan global.

Namun pagi ini tekanan turun tidak berlaku untuk indeks berjangka Hang Seng dan Kospi. Keduanya menguat di awal sesi setelah dibuka lebih rendah dari penutupan kemarin. Hang Seng menguat kemungkinan karena terpicu data survei harga rumah China yang menyebutkan bahwa penurunan hanya terjadi di 64 kota di bulan Januari dari sebelumnya 66 kota di bulan Desember. Ini menunjukkan harga rumah mulai stabil. Sementara Kospi menguat didukung oleh kebijakan Bank Sentral Korea (BOK) yang mempertahankan suku bunga di 2%.

Bank Sentral Australia (RBA) merilis minutes/notulen rapat yang mengindikasikan bahwa pemangkasan suku bunga lanjutan kemungkinan belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Indikasi ini mendorong penguatan nilai tukar dollar Australia.

Dari pasar Eropa dan AS akan disuguhkan beberapa market mover penting seperti data CPI (Indeks Harga Konsumen) Inggris, survei Sentimen Ekonomi Jerman dari ZEW, pertemuan para menteri keuangan Uni Eropa, data indeks manufaktur New York dan pidato dari Gubernur Bank Sentral Swiss (SNB) Thomas Jordan. Negosiasi Yunani dan Uni Eropa terkait bailout mungkin masih menjadi isu besar pekan ini namun beberapa market mover di atas dapat menjadi penggerak pasar tambahan.

Malam ini, dari bursa saham AS akan dirilis laporan penghasilan dari Goodyear Tire dan MGM Resorts.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar