Senin, 20 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Non-Farm Payrolls Akan Uji Kekuatan Dollar AS

Jumat, 5 September 2014 9:51 WIB
Dibaca 367

Monexnews -Keputusan pelonggaran moneter dari Bank Sentral Eropa (ECB), menekan turun nilai tukar mata uang kawasan Eropa seperti euro, poundsterling dan franc Swiss. Hasil rapat moneter ECB pun mendorong penguatan dollar AS terhadap mata uang dunia lainnya.

ECB di luar dugaan memangkas suku bunga acuan menjadi 0,05% dari sebelumnya 0,15%. Tindakan ini dilakukan mungkin karena ECB belum bisa merilis kebijakan pelonggaran kuantitatif (QE) seperti yang dilakukan Bank Sentral AS dan Jepang karena terikat peraturan yang melarangnya melakukan hal itu. Sebagai tambahan kekuatan pelonggaran moneter, ECB juga merilis stimulus pembelian asset-backed securities (ABS) yaitu membeli surat berharga korporasi dengan mencadangkan dana sebesar 700 miliar euro atau hampir 1 triliun dollar AS.

Dollar AS makin bertambah kuat dengan dirilisnya data PMI Non-Manufaktur versi ISM yang lebih bagus dibandingkan proyeksi, 59.6 vs 57.3. Penguatan dollar AS ini membayangi memberikan tekanan pada semua instrumen pasar keuangan yang berlawanan dengan nilai tukar ini.

Hari ini pasar akan menghadapi data ekonomi penting dari AS yaitu rilisan Non-Farm Payrolls dan Tingkat Pengangguran yang tentunya bisa menjadi market mover besar untuk pasar. Pasar berekspektasi NFP bulan Agustus akan terjadi pertambahan 222 ribu pekerja dan tingkat pengangguran turun menjadi 6,1%.  Bila hasilnya sesuai atau lebih bagus dari perkiraan pasar, tentu bisa semakin mengokohkan nilai tukar dollar AS. Data tenaga kerja AS ini berkaitan dengan potensi pengetatan kebijakan moneter Bank Sentral AS.

Pagi ini indeks saham Asia berjangka mengalami tekanan turun. Kemungkinan pasar mulai mengantisipasi data ekonomi AS nanti malam sehingga terjadi aksi keluar dari pasar terlebih dahulu.

Data-data ekonomi lain yang patut diperhatikan pasar antara lain data Output Industri Jerman dan data tenaga kerja Kanada.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar