Sabtu, 25 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Pasar Cukup Optimis Dengan Data NFP AS

Jumat, 7 November 2014 10:33 WIB
Dibaca 363

Monexnews -Indeks Dollar AS menguat ke area 88 dari sebelumnya 87. Penguatan ini didukung oleh sikap dovish Bank Sentral Eropa (ECB). Mario Draghi, Presiden ECB, menegaskan komitmen ECB untuk selalu siap menggelontorkan stimulus, bila diperlukan, untuk membantu menaikan tingkat inflasi. Kebijakan stimulus ECB ini membantu penguatan indeks saham AS dan Eropa semalam.

Selain itu, penguatan indeks Dollar AS juga didukung oleh turunnya klaim tunjangan pengangguran mingguan AS menjadi 278 ribu klaim pekan lalu dari pekan sebelumnya 288 ribu klaim.

Pagi ini telah dirilis minutes atau notulen rapat Bank Sentral Australia (RBA) yang menyebutkan bahwa kebijakan stimulus Bank Sentral Jepang (BoJ) bisa mendorong arus masuk uang ke Australia dan bisa menguatkan dollar Australia. Pernyataan ini menahan dollar Australia dari penurunan lebih lanjut pagi ini.

Malam ini perhatian pelaku pasar akan terfokus pada data tenaga kerja AS, Non-farm Payrolls (NFP) dan Tingkat Pengangguran. Perkiraan terbaru yang dihimpun Reuters: NFP Bulan Oktober diprediksi 231 ribu, sementara tingkat pengangguran diprediksi tetap 5,9%. Pasar cukup optimis dengan data NFP AS ini. Data ini bakal mendorong penguatan dollar AS kembali bila data dirilis lebih bagus dari perkiraan pasar.

Selain itu, data Average Hourly Earnings AS atau data Pendapatan Rata-rata Per Jam bisa menambah dorongan penguatan dollar bila data ini lebih bagus dari perkiraan +0,2%. Data ini mengindikasikan kenaikan pendapatan para pekerja AS yang bisa berujung pada kenaikan inflasi dimana kenaikan inflasi ini ditunggu oleh Bank Sentral AS sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk menaikan tingkat suku bunga acuan.

Kanada juga akan merilis data tenaga kerja yakni data Perubahan Jumlah Orang Yang Dipekerjakan dan Tingkat Pengangguran untuk Bulan Oktober. Perkiraan data yang akan dirilis nanti tidak terlalu impresif. Pasar tidak yakin ada penurunan tingkat pengangguran dan penambahan orang yang dipekerjakan. Data yang di bawah ekspektasi bisa mendorong pelemahan dollar Kanada.

Dari bursa saham AS, malam ini, akan dirilis laporan penghasilan dari perusahaan AcelorMittal, salah satu perusahaan penghasil baja terbesar dunia. Laporan akan dirilis sebelum bursa saham AS dibuka.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar