Rabu, 18 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Pasar Disuguhkan Rentetan Aksi Bank Sentral Hari Ini

Kamis, 11 Desember 2014 10:34 WIB
Dibaca 242

Monexnews - Indeks Dollar AS masih tertekan hingga pagi ini karena dampak sentimen risk aversion atau alih resiko yang melanda pasar keuangan sejak awal pekan ini. Indeks Dollar AS berada di kisaran 88.17 saat ini dan sempat membentuk level terendah baru pekan ini di 87.93.

Sentimen risk aversion juga terlihat pada pergerakan indeks saham Asia berjangka pagi ini dimana tekanan turun masih membayangi pergerakan indeks-indeks tersebut. Kekhawatiran pelambatan ekonomi China, penurunan peringkat hutang Jepang dan konflik politik di Yunani mendorong sentimen risk aversion tersebut. Sebagian pelaku pasar keluar dari aset yang beresiko seperti saham dan mencari aset aman seperti emas dan yen.

Penurunan harga minyak mentah ke level terendah dalam 5 tahun juga membantu mendorong penurunan risk sentiment. Penurunan harga minyak mentah ini memunculkan kekhawatiran deflasi terhadap perekonomian global. Pusaran deflasi bisa mendorong penurunan minat belanja konsumen yang akhirnya bisa mendorong pelambatan pertumbuhan.

Penurunan harga minyak mentah masih karena keengganan OPEC memangkas produksi minyak mentah. Berita tentang penurunan proyeksi permintaan minyak mentah dari OPEC tahun depan sekitar 500 ribu barel per hari juga memicu pelemahan lanjutan harga minyak mentah. Data stok minyak mentah AS yang malah naik minggu lalu sebesar 1,5 juta barel, menambah penurunan harga minyak.

Pagi ini telah dirilis hasil rapat moneter Bank Sentral New Zealand (RBNZ) yang hawkish yang memberikan sinyal kemungkinan adanya kenaikan suku bunga acuan lagi. Kabar ini mendorong penguatan nilai tukar Dollar New Zealand atau kiwi pasca pengumuman. Sementara Australia merilis data tenaga kerja yang cukup positif sehingga mampu mendorong penguatan Dollar Australia pagi ini.

Sore nanti, Bank Sentral Swiss (SNB) akan merilis hasil rapat moneternya. Kemungkinan SNB tidak mengubah kebijakan moneternya. SNB mungkin akan mempertegas dukungannya untuk menahan nilai tukar euro untuk tidak terlalu melemah terhadap franc Swiss. EURCHF saat ini ditahan di kisaran 1.2 oleh SNB.

Dari Bank Sentral Eropa (ECB), sore ini, akan mengumumkan hasil program TLTRO (Targeted Longer Term Refinancing Operation). Proyeksi jumlah dana yang dipinjamkan ke perbankan sebesar 148 miliar euro. Hasil yang lebih bagus dari proyeksi mungkin bisa menekan turun nilai tukar euro.

Malam ini Gubernur Bank Sentral Kanada (BoC), Stephen Poloz, akan memberikan pidato dan konferensi pers di acara Klub Ekonomi di New York. Indikasi soal outlook ekonomi dan kebijakan moneter Kanada akan menjadi market mover untuk Dollar Kanada.

Dari AS, akan dirilis beberapa data ekonomi penting seperti data Penjualan Ritel bulan November dan data Klaim Tunjangan Pengangguran mingguan. Bila kedua data ini dirilis lebih bagus dari proyeksi, nilai tukar Dollar AS bisa kembali rebound.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar